Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Saturday, September 29, 2012

PERANG BADAR KUBRA

Pendahuluan

Rasulullah SAW dan generasi awal umat ini benar-benar menyadari bahwa masyarakat paganis ekstrim dari keturunan Quraisy –dan semua kelompok yang sejenis dengannya- tidak akan pernah membiarkan umat Islam begitu saja memperoleh kebebasan beragama mereka di kota Yatsrib, setelah sebelumnya mereka usir beramai-ramai dari kota Mekah dan sekitarnya. Untuk ini semua, umat Islam pun mempersiapkan segalanya. Di kota Madinah mereka berlatih agar mereka tidak lagi dilecehkan. Selain agar orang musyrikin maupun kabilah-kabilah lainnya sadar akan kekuatan Islam yang selama ini tersebunyi. Inilah yang sekiranya dapat menggetarkan mereka sehingga mereka tidak menyerang umat Islam di kota Madinah. Lebih dari itu, hal ini agar masyarakat Quraisy faham bahwa orang-orang Muhajirin yang selama ini lari dari tekanan penindasan bukanlah pada posisi yang lemah dan hina. Namun kini mereka telah berubah menjadi satu komunitas yang kuat yang mampu mengegetarkan dan patut diperhitungkan.

LATIHAN DAN PERSIAPAN BERKALA

Rasulullah SAW segera melatih para sahabatnya dan mengutus mereka untuk melakukan pengintaian di sekitar kota Madinah secara berkala. Tujuannya adalah sebagai latihan, eksplorasi, dan persiapan peperangan. Beberapa tugas yang pernah beliau delegasikan kepada para sahabat antara lain:
1. Pasukan yang dipimpin oleh Hamzah bin ‘Abdul Muththalib. Mereka sebanyak 30 orang penunggang dari kalangan Muhajirin. Mereka diutus hingga daerah Al ‘Iish di tepi laut.
2. Pasukan yang dipimpin oleh ‘Ubaidah bin Harits. Mereka sebanyak 60 orang penunggang dari kalangan Muhajirin sampai ke daerah Raabigh.
3. Pasukan yang dipimpin oleh Sa’d bin Abi Waqqosh dengan kekuatan pengintai berjumlah 80 orang Muhajirin dan bertugas sepanjang jalan yang menghubungkan Makkah dan Madinah.
4. Perang Wuddan. Pasukan di bawah pimpinan Rasulullah SAW berjumlah 200 orang penunggang dan pejalan kaki berjalan hingga daerah Wuddan. Pada peperangan ini Rasulullah SAW mengadakan perjanjian dengan Bani Dhomroh. Salah satu tujuan peperangan ini adalah untuk membangun sebuah aliansi dengan kabilah-kabilah yang selama ini menguasai jalur yang menghubungkan antara kota Makkah dan Madinah.
5. Perang ‘Usyairah. peperangan dengan jumlah pasukan sebanyak 200 orang penunggang dan pejalan kaki di bawah kepemimpinan Rasulullah SAW. Tujuan dari peperangan ini adalah untuk menunjukkan kekuatan kaum muslimin di hadapan orang-orang musyrikin serta membangun kesefahaman dengan kabilah-kabilah yang terdapat di daerah jalur perdagangan orang Quraisy di antara kota Makkah dan Madinah.
6. Perang Buwaath. Peperangan dengan jumlah pasukan sebanyak 200 orang penunggang dan pejalan kaki di bawah kemimpinan Rasulullah SAW. Tujuannya adalah untuk bisa sampai ke daerah Buwaath dari sisi gunung Radhwa ke jalur perdagangan Quraisy di antara kota Makkah dan Madinah, selain untuk menekan kegiatan perdagangan mereka.
7. Pasukan di bawah pimpinan ‘Abdullah bin Jahsy. Pengintaian berkekuatan delapan orang dari kalangan Muhajirin. Bersama itu, ‘Abdullah membawa sepucuk surat dari Rasulullah SAW. Beliau berpesan untuk tidak membuka surat tersebut kecuali dua hari setelah mereka melakukan perjalanan. Ketika surat itu dibuka, di dalamnya terdapat tulisan,” jika engkau telah membaca surat ini, maka teruslah berjalan hingga engkau sampai di sebuah pohon kurma yang terletak di antara Makkah dan Thaif. Lalu perhatikan gerak-gerik orang Quraisy dan berikan informasinya kepada kami.”[1] Abdullah segera berangkat hingga akhirnya ia sampai di sebuah pohon kurma. Sebuah kafilah Quraisy lewat dan langsung di serang oleh kaum muslimin. Pada peperangan ini, orang-orang musyrikin yang tewas antara lain ‘Amr bin Hadhromi, sementara kaum muslimin berhasil menawan dua orang dari kalangan musyrikin, namun yang keempat berhasil melarikan diri.
8. Perang Badar Pertama. Prediksi Rasulullah SAW dan para sahabat tentang kaum musyrikin benar-benar menjadi sebuah kenyataan. Tak lama setelah beliau SAW menetap di kota Madinah, orang-orang Musyrikin di bawah pimpinan Karz bin Jabir al Fihry melakukan penyerangan terhadap ladang pengembalaan hewan milik orang Madinah dan merampas beberapa ekor unta dan kambing milik kaum muslimin. Rasulullah SAW pun segera bergerak untuk mengusir agresor tersebut dan merebut kembali unta maupun kambing milik kaum muslimin yang sempat mereka rampas. Pasukan perang kaum muslimin di bawah pimpinan Rasulullah SAW ketika itu bergerak sampai ke daerah Wadi Sufyan, dekat dengan Badar. Namun demikian mereka tidak dapat mengejar agresor musyrikin sehingga mereka pun harus kembali tanpa ada peperangan.

LATAR BELAKANG PERANG BADAR KUBRA
Perang Badar yang meletus antar kaum muslimin dan orang-orang musyrik dipicu oleh beberapa sebab, di antaranya:
1. Pengusiran kaum muslimin dari kota Makkah serta perampasaN harta benda mereka.
(1- طردُ المسلمين وسلبُ أموالهم في مكة)
Genderang perang terhadap kaum muslimin sebenarnya sudah ditabuh oleh orang-orang musyrikin sejak Rasulullah SAW mengumandangkan risalah dakwah yang ia bawa. Mereka menghalalkan darah kaum muslimin dan harta benda mereka di kota Makkah, khususnya terhadap orang-orang Muhajirin. Mereka rampas rumah dan kekayaan kaum Muhajirin. Orang Islam pun melarikan diri dan menukarnya dengan keridhoan Allah SWT. Kita dapat melihat sendiri bagaimana orang kafir Quraisy merampas dan menguasai harta benda Shuhaib sebagai imbalan diizinkannya ia untuk berhijrah ke Madinah. Kita pun dapat menyaksikan bagaimana mereka menduduki rumah-rumah dan peninggalan kaum muslimin yang ditinggal oleh pemiliknya.
2. PENINDASAN TERHADAP UMAT ISLAM HINGGA KOTA MADINAH
(2-ملاحقة المشركين للمؤمنين في المدينة )
Apa yang dilakukan orang Quraisy terhadap umat Islam ternyata tidak hanya ketika mereka berada di kota Makkah. Di bawah pimpinan Kurz bin Habbab al Fihri, mereka memprovokasi kaum Musyrikin lainnya untuk menyerang, menteror, dan menguasai harta benda milik kaum muslimin yang ada di kota Madinah (sebagaimana yang terjadi pada perang Badr Shughra). Oleh karena itu, sudah sewajarnya apabila orang-orang musyrik menerima balasan atas semua permusuhan dan penindasan mereka terhadap umat Islam selama ini. Mereka begitu sadar bahwa banyak kepentingan dan hasil perdagangan mereka yang akan berpindah ke tangan orang-orang Islam di sana, selain bahwa kini Islam telah memiliki pasukan dan wilayah yang mampu memberikan perlawanan atas kewenang-wenangan, menegakkan kebenaran dan menumbangkan kebatilan meskipun orang-orang yang berhati durjana tidak menyukainya.

3. MEMBERI PELAJARAN KEPADA QURAISY DAN MENGEMBALIKAN HARTA BENDA MILIK UMAT ISLAM
(3-تأديب قريش ومحاولة رد أموال المسلمين )
Oleh karena itu, begitu Rasulullah SAW mendengar bahwa kafilah dagang Quraisy yang dipimpin oleh Abu Sufyan bin Harb dan ‘Amr bin al ‘Ash bersama 40 orang bergerak dari Syam membawa harta orang-orang Quraisy yang keseluruhannya mencapai seribu ekor unta, maka beliau pun segera mengajak kaum muslimin untuk bergerak mendatanginya. Rasulullah SAW mengatakan:”

، وقال : " هذه عير قريش فاخرجوا لعل الله أن ينفلكموها

ini adalah perdagangan Quraisy. Maka keluarlah kalian, semoga Allah SWT akan memberikannya kepada kalian.”[2]

Mendengar seruan ini, sebagian kaum muslimin menyambutnya sementara yang lainnya merasa sedikit berat dengannya. Mereka menggangap bahwa ketika itu Rasulullah SAW tidak bermaksud mengumandangkan sebuah peperangan. Karena beliau mengatakan,

حيث قال : من كان ظهره ([3]) حاضراً فليركب معنا ، ولم ينتظر من كان ظهره غائباً .

”barang siapa yang saat ini memiliki tunggangan, maka hendaklah ia ikut bersama kami.”
Beliau tidak menunggu sahabat yang tunggangannya tidak ada pada saat itu.

KILAS SEJARAH PERANG BADAR

Ibnu Ishaq berkata,”Rasulullah SAW pergi pada beberapa malam di bulan Ramadhan bersama sahabat-sahabatnya.” Ibnu Hisyam berkata,”beliau pergi pada hari senin setelah delapan hari dari bulan Ramadhan. Beliau mengangkat ‘Amr bin Ummi Maktum (dalam riwayat namanya adalah ‘Abdullah bin Ummi Maktum) untuk menjadi imam di Madinah, dan mengangkat Abu Lubabah sebagai pemimpin sementara kota Madinah.

Jumlah pasukan kaum muslimin pada saat itu hanyalah tiga ratus tiga belas orang. Dua ratus empat puluh sekian orang dari kalangan Anshor, sementara sisanya dari kalangan Muhajirin. Mereka membawa dua ekor kuda dan tujuh puluh ekor unta. Sementara panji kaum muslimin di bawa oleh Mus’ab bin ‘Umair. Peristiwa Badar sendiri meletus pada hari jum’at pagi tanggal tujuh belas Ramadhan.[4]

PREDIKSI ABU SUFYAN TENTANG PASUKAN ISLAM
Waktu itu Abu Sufyan terkenal sebagai seorang yang begitu ambisius dan cerdik. Ia selalu memperhitungkan segala macam kemungkinan dan resiko yang dapat terjadi. Ia tahu benar apa yang telah dilakukan penduduk Quraisy terhadap kaum muslimin selama ini. Ia pun begitu menyadari akan kekuatan umat Islam yang semakin hari semakin mengalami peningkatan dan perkembangan. Ia mengorek informasi dari setiap rombongan orang yang ditemuinya sebagai bukti kekhawatirannya atas perdagangannya berikut harta orang-orang Quraisy yang dibawanya. Hingga akhirnya ia mendengar kabar dari beberapa orang yang ditemuinya bahwa Muhammad telah memobilisasi sahabat-sahabatnya untuk mencegat rombongan yang sedang membawa harta perdagangan. Mendengar hal ini, ia pun segera berhati-hati dan mengambil jalur perjalanan yang lain seraya mengirim utusan kepada penduduk Quraisy yang ada di kota Makkah untuk meminta bantuan.

MOBILISASI SUKU QURAISY

Abu Sufyan menyewa Dhomdhom bin ‘Amr al Ghifari agar segera menemui orang-orang Quraisy dan memberitahu mereka situasi yang tengah terjadi. Ia pun bergegas menunggangi untanya. Sambil berteriak ia berkata,”wahai, orang-orang Quraisy! Harta kalian bersama Abu Sufyan terancam oleh Muhammad dan sahabat-sahabatnya. Kulihat kalian tidak akan memperolehnya. Tolonglah ... tolonglah...”[5] mendengar berita ini, fanatisme mereka pun berkobar. Mereka begitu khawatir akan perdagangan mereka. Dengan cepat mereka bergerak. Semuanya pergi kecuali Abu Lahab bin ‘Abdul Muththalib. Ia mengirim Al ‘Ash bin Hisyam bin al Mughirah sebagai pengganti. Orang-orang Quraisy sepakat untuk bersama-sama pergi baik dalam keadaan susah maupun lapang. Di depan barisan mereka terdapat biduan wanita yang bernyanyi mendendangkan hinaan dan celaan bagi umat Islam.

“Dan (ingatlah) ketika setan memperindah perbuatan-perbuatan mereka dan membisikkan bahwa tidak ada yang akan mengalahkan kalian pada hari ini, dan aku akan benar-benar menjadi pelindung kalian.”

SELAMATNYA KAFILAH DAGANG QURAISY

Abu Sufyan tidak hanya berpangku tangan menanti uluran bantuan dari penduduk Quraisy. Ia curahkan segenap kepiawaian yang ia miliki agar mereka tidak jatuh ke tangan kaum muslimin. Semua informansi dan peristiwa yang ada ia kumpulkan dan dianalisa hingga akhirnya ia tahu kapan pasukan muslimin pergi menghadang kafilah dagang mereka.

Diriwayatkan bahwa Abu Sufyan bertemu dengan Majdi bin ‘Amr dan bertanya kepadanya,”apakah engkau berjumpa dengan seseorang?” ia menjawab,”aku tidak menjumpai seorang pun yang tidak kukenal kecuali dua orang penunggang unta yang berhenti di bukit itu”. Kemudian mereka mengambil air dan meletakkannya di tempat air mereka lalu pergi.” Abu Sufyan mendatangi tempat tersebut dan mengambil beberapa buah sisa kotoran hewan mereka. Lalu ia pisahkan dan di dalamnya terdapat biji. Ia berkata,”demi Tuhan, ini adalah makanan hewan penduduk Yatsrib (Madinah).” Ia pun akhirnya tahu bahwa kedua orang tersebut tak lain adalah sahabat Muhammad, dan pasukan kaum muslimin ternyata sudah begitu dekat dari tempat.”[6] Abu Sufyan segera kembali ke tengah kafilah sambil memukuli mukanya. Ia alihkan jalur perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain, yaitu pesisir pantai demi menghindari daerah Badar menuju ke kiri sehingga kafilah pun terselamatkan.

SIKAP KERAS KEPALA KAUM MUSYRIKIN UNTUK BERPERANG

Pasukan musyrik Quraisy bergerak dengan penuh kesombongan di tengah hamparan padang pasir, di antara sekian banyak kabilah arab yang terdapat di sepanjang jalur yang menghubungkan kota Makkah dan Madinah diiringi nyanyian biduan wanita. Mereka begitu bangga dengan kekuatan dan pasukan yang ada. Mereka bermaksud hendak menyelamatkan Abu Sufyan dan kafilah dagang dari tangan umat Islam. Namun ternyata kafilah tersebut telah terselamatkan. Abu Sufyan sendiri yakin bahwa ia telah berhasil menyelamatkan kafilah dagang mereka dari kepungan dan incaran umat Islam. Ia pun mengirim pesan kepada pasukan Quraisy,”sesungguhnya kalian keluar untuk melindungi perdagangan, orang-orang, dan harta benda kalian. Mereka semuanya telah terselamatkan. Maka kembalilah!” Utusan Abu Sufyan pun akhirnya bertemu dengan pasukan Quraisy di perjalanan. Ia sampaikan berita selamatnya kafilah dagang mereka. Mendengar berita ini Abu Jahal berkata,”demi Tuhan! kita tidak akan kembali kecuali setelah sampai di Badar dan tinggal di sana selama tiga hari. Kita akan memotong hewan sembelihan, memberi makan, menuangkan khamr, dan mendengarkan lagu dari para biduan. Dan orang-orang arab pun akan mendengar ekspedisi dan perkumpulan kita ini. sehingga mereka akan senantiasa segan kepada kita untuk selama-lamanya.”[7]

PERANG BADR

Rasulullah SAW keluar untuk mencegar kafilah Quraisy yang membawa harta dagangan. Beliau benar-benar tidak mengetahui keberadaan pasukan Quraisy yang sedang bergerak mendatanginya. Beliau pun tinggal di luar kota Madinah, sambil mempersiapkan pasukan dan mengembalikan mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk berperang.

KEKUATAN KEDUA PASUKAN

1. KEKUATAN KAUM MUSLIMIN.

Pasukan kaum muslimin di bawah kepemimpinan Rasulullah SAW berjumlah tiga ratus tiga belas orang. Bersama mereka terdapat dua ekor kuda, satu milik Zubair bin ‘Awwam dan seekor lainnya milik Miqdad bin ‘Amr[8] serta tujuh puluh unta yang mereka tunggangi secara bergantian.

‘Abdullah bin Mas’ud berkata,”ketika perang Badar, setiap tiga orang dari kami menungganngi seekor unta. Abu Lubabah, ‘Ali, dan Rasulullah SAW bergantian menaiki unta. Ketika giliran Rasulullah SAW untuk berjalan kaki, keduanya berkata,’kami akan menggantikanmu untuk berjalan kaki.’ Rasulullah SAW berkata,”kalian berdua tidaklah sekuat diriku, dan aku tidak lebih membutuhkan pahala dari kalian berdua.[9]

Rasulullah SAW mempercayakan panji berwarna putih kepada Mush’ab bin ‘Umair. Sementara di hadapan beliau sendiri terdapat dua buah bendera. Di sebelah kanan beliau terdapat Zubair bin al ‘Awwam, dan di sebelah kiri terdapat Miqdad bin al Aswad, serta di belakangnya terdapat Qois bin Abi Sho’sho’ah.

2. KEKUATAN KAUM MUSYRIKIN

Pasukan musyrikin berhasil memobilisasi sembilan ratus lima puluh orang yang kebanyakan mereka berasal dari Quraisy. Bersama mereka terdapat dua ratus ekor kuda dan unta dalam jumlah yang sangat banyak sekali untuk mereka tunggangi sekaligus membawa perbekalan dan makanan mereka selama di perjalanan.

Orang-orang musyrikin tidak memiliki seorang pemimpin umum. Hanya saja di antara mereka terdapat dua orang terpandang yaitu ‘Utbah bin Rabi’ah dan Abu Jahal beserta sekian orang pemuka Quraisy lainnya.

3. TAHAP INTELEJEN DAN PENGINTAIAN

Pasukan muslimin menyusuri jalur yang biasa dilalui oleh kafilah-kafilah dagang yang terbentang di antara Badar dan kota Madinah. Panjangnya sekitar enam puluh kilometer. Rasulullah SAW mengutus beberapa orang untuk melakukan pengintaian untuk kepentingan informasi dan keamanan dari kemungkinan serangan tiba-tiba yang kiranya tidak dapat mereka tangani.

A. TAHAP PERTAMA

Rasulullah SAW mengutus Basbas bin ‘Amr dan ‘Ady bin Abi Zaghba. Mereka pun pergi hingga sampai ke wilayah Badar. Mereka singgah di sebuah bukit dekat dengan sumber air. Lalu mereka mengambil air dan meletakkannya pada tempat air kecil yang mereka bawa lalu meminumnya. Mereka berdua bertugas untuk mengumpulkan informasi. Akhirnya ‘Ady dan Basbas mendengar dua orang anak perempuan dari penduduk sekitar saling berselisih seputar air. Salah seorang dari mereka berkata,”besok akan datang rombongan dan aku akan bekerja untuk mereka kemudian aku akan mengganti hari yang seharusnya jadi milikmu.” Mereka berdua kemudian memberitahukannya kepada Rasulullah SAW dan para sahabatnya untuk memberikan analisa atas informasi tersebut.

B. TAHAP KEDUA

Kemudian Rasulullah SAW mengutus ‘Ali bin Abi Thalib RA., Zubair bin al ‘Awwam, dan Sa’d bin Abi Waqqosh dalam satu regu untuk pergi ke sumber air di Badar sambil mencari informasi. Mereka pun berhasil menawan beberapa orang Quraisy yang bertugas untuk mengambil air. Beberapa dari mereka kemudian masuk Islam, diantaranya; budak Bani Hajjaj dan ‘Aridh Abu Yasar budak bani ‘Ash bin Sa’d. Mereka membawanya kepada Nabi untuk diintrogasi. Rasulullah SAW menanyai keduanya. Mereka menjawab,”kami adalah milik pasukan Quraisy dan kami tidak mengetahui apapun tentang Abu Sufyan.” Rasulullah SAW kembali bertanya,”berapa jumlah mereka?” keduanya menjawab,”banyak, kami tidak tahu berapa jumlahnya.” Rasulullah SAW melanjutkan,”berapa banyak unta yang mereka sembelih untuk dimakan?” keduanya menjawab,”sembilan, dan hari lainnya sepuluh.” Rasulullah SAW berkata,”mereka sekitar sembilan ratus sampai seribu orang.” Beliau melanjutkan pertanyaannya,”siapa saja pemuka Quraisy yang ikut bersama mereka?” keduanya menjawab,”’Utbah bin Rabi’ah, Syaibah, Abu al Buhturi bin Hisyam, dan Hakim bin Hizam.” Keduanya lalu menyebutkan beberapa orang pemuka Quraisy lainnya. Kemudian Rasulullah SAW berkata,”Kota Makkah ini telah melemparkan kepada kalian kepingan-kepingan hatinya.” Beliau mengatakannya dengan maksud untuk meyakinkan dirinya sendiri.

C. KEPERGIAN PEMIMPIN UNTUK KEPENTINGAN INTELEJEN

Rasulullah SAW pergi bersama Abu Bakar untuk melakukan pengintaian dan pengumpulan informasi. Beliau berjumpa dengan seorang badui yang sudah tua dan bertanya kepadanya tentang prihal Quraisy, Muhammad serta para sahabatnya, dan semua berita yang berhubungan dengan mereka. Orang tua itu pun menjawab,”aku tidak akan memberitahu kalian sebelum kalian mengatakan siapa diri kalian berdua?” Rasulullah SAW menjawab,”jika engkau memberitahu kepada kami terlebih dahulu, maka kami pun akan mengatakannya kepadamu.” Orang tua itu berkata,”atau itu dengan itu?” Rasulullah SAW menjawab,”ya.” Orang tua itu berkata,”aku dengar bahwa Muhammad dan sahabatnya keluar pada hari fulan. Dan kalau orang yang memberitahuku jujur, berarti hari ini mereka telah sampai di tempat fulan (yaitu di tempat di mana Rasulullah SAW ketika itu berada). Dan aku mendengar bahwa Quraisy keluar pada hari fulan. Dan kalau orang yang memberitahuku jujur, berarti hari ini mereka telah sampai di tempat fulan (yaitu tempat dimana pasukan Quraisy berada.)” setelah selesai berbicara orang tua itu pun bertanya,”dari mana kalian berdua?” Rasulullah SAW menjawab,”kami dari Maa` (air)” kemudian ia pergi meninggalkannya. Orang tua itu kembali bertanya,”apa itu Maa`? apakah Maa` yang ada di Iraq?”

1. KEPEMIMPINAN KAUM MUSLIMIN MENGANALISA INFORMASI DAN MEMAHAMI REALITA

Semua informasi yang diperoleh dari aktivitas intelejen menunjukkan bahwa rombongan kafilah dagang telah selamat dan pasukan orang-orang musyriklah yang kini berada di hadapan mereka. Pasukan Quraisy sekitar sembilan ratus hingga seribu orang. Di antara mereka terdapat beberapa orang pemuka Quraisy. Jumlah mereka tidak dapat disepelekan. Lalu apakah yang harus dilakukan umat Islam dihadapan informasi-informasi seperti ini? Demikianlah kedua pasukan semakin berdekatan dan keduanya sama-sama tidak mengetahui apakah yang akan terjadi di balik pertemuan yang menegangkan itu. Demikianlah latar belakang meletusnya peperangan pertama di dalam sejarah Islam telah Allah SWT susun sedemikan rupa. Sebuah peperangan antara kebenaran dan kebatilan. Allah SWT berfirman,
”dan (ingatlah) ketika Allah menjanjikan kepada kalian salah satu dari dua kelompok bahwa ia akan menjadi milik kalian. Kalian berharap bahwa kelompok yang tidak memiliki kekuatanlah yang akan menjadi miliki kalian. Dan Allah SWT ingin menegakkan yang haq dengan kalimatnya, dan memusnahkan orang-orang yang kafir. Agar Ia menegakkan yang hak dan memusnahkan kebatilan meskipun orang-orang berhati durjana tidak menyukainya.”
5. SYURO

Semua yang telah direncanakan kaum muslimin akhirnya berubah. Hal-hal baru yang tak terduga sebelumnya tampak ke permukaan. Oleh karenanya ada penyikapan yang harus dipelajari dengan mengacu kepada beberapa hal berikut:

1. Tujuan pertama kaum muslimin adalah untuk mencegat rombongan kafilah dagang, dan bukan untuk berperang.

2. Minimnya persiapan dan jumlah kaum muslimin ketika itu

3. Perjanjian yang mengikat antara Rasulullah SAW dan kaum Anshor pada saat itu adalah memberikan pertolongan di kota Madinah, bukan di luar wilayah tersebut.

Hal-hal inilah yang sekiranya menuntut seorang pemimpin untuk mendengar secara langsung masukan dari para pasukannya. Oleh karena itu, Rasulullah SAW kemudian mengumpulkan orang-orang untuk bermusyawarah.

Beliau berkata,”wahai sekalian orang, berikanlah pendapat kepadaku!” Abu Bakar pun berdiri. Kemudian ia berbicara dan memberikan masukan yang baik kemudian. Kemudian ‘Umar berdiri lalu berbicara dan memberikan masukan yang baik. Kemudian Miqdad bin ‘Amr bangkit seraya berkata

المقداد بن عمرو ([10]) فقال : يا رسول الله لقد آمنا بك ، فامض لما أمرك الله فنحن معك ، والله لا نقول لك كما قال قوم موسى لموسى : اذهب أنت وربُك فقاتلا إنا هاهنا قاعدون ، ولكن نقول لك اذهب أنت وربك فقاتلا إنا معكما مقاتلون ، فو الذي بعثك بالحق لو سرت بنا إلى بَرْكِ الغِماد([11]) لجالدنا معك من دونك حتى تبلغه

, ,”wahai, Rasulullah! sesungguhnya kami benar-benar telah beriman kepadamu. Maka laksanakanlah apa yang telah diperintahkan oleh Tuhanmu dan kami akan bersamamu. Demi Allah! Kami tidak akan mengatakan kepadamu seperti apa yang telah dikatakan oleh para pengikut Musa kepadanya’pergilah engkau bersama Tuhanmu! Dan berperanglah kalian berdua. Kami akan duduk menunggu di sini.’ Namun kami akan mengatakan,’pergilah engkau bersama Tuhanmu dan berperanglah kalian berdua. Sesungguhnya kami akan berperang bersama kalian.’ Demi Tuhan yang telah mengutusmu dengan kebenaran! Seandainya engkau pergi bersama kami ke wilayah Barkil Ghimaad (di ujung Yaman), niscaya kami akan berperang bersamamu menghadapi orang yang menghalangimu hingga engkau sampai ke sana.” Lalu Rasulullah SAW berkata kepadanya dengan perkataan yang baik serta mendoakannya. Kemudian beliau kembali meminta, ”wahai sekalian orang, berikanlah masukan kepadaku!” seakan-akan beliau memintanya dari kalangan Anshar. Ia ingin mendengar pendapat mereka tentang apa yang sedang dihadapainya saat itu. Sa’d bin Mu’adz berdiri dan berkata,

فقام سعدُ بن معاذ ، وقال : والله لكأنك تريدنا يا رسول الله ؟ قال : " أجل " قال : فقد آمنا بك وصدقناك وشهدنا أن ما جئت به هو الحق ، وأعطيناك على ذلك عهودنا ومواثيقنا على السمع والطاعة ، فامض يا رسول الله لما أردت فنحن معك ، فوالذي بعثك بالحق لو استعرضت بنا البحر لخضناه معك ما تخلف منا رجل واحد ، وما نكره أن تلقى بنا عدونا غداً ، إنا لصبرٌ في الحرب صدقٌ عند اللقاء لعل الله يريك منا ما تقرَّ به عينك ، فسر على بركة الله .

”demi Allah, wahai Rasulullah! sepertinya engkau menginginkan kami,?” Rasulullah SAW menjawab,”tepat.” Sa’d berkata,”kami benar-benar telah beriman kepadamu kami membenarkanmu dan bersaksi bahwa engkau membawa kebenaran. Kami berikan untuk semua itu janji dan kesetiaan kami untuk mendengar dan taat. Maka laksanakanlah apa yang engkau mau. Dan kami akan bersamamu. Demi Tuhan yang telah mengutusmu dengan kebenaran! Seandainya saja di hadapan kami terdapat lautan, niscaya kami akan menyelaminya bersamamu. Tak seorang pun dari kami yang akan tinggal. Kami tidak enggan untuk bertemu musuh esok hari. Kami adalah kaum yang sabar dalam berperang dan menetapi ketika bertemu musuh. Semoga Allah memperlihatkan kepadamu dari kami apa yang dapat menenangkan pandanganmu. Maka pergilah dengan penuh keberkahan dari Allah!” Rasulullah SAW pun merasa gembira. Lalu beliau berkata,”

" سيروا على بركة الله وأبشروا فإن الله قد وعدني إحدى الطائفتين ، والله لكأني الآن أنظر إلى مصارع القوم

pergilah kalian dengan penuh keberkahan dari Allah dan berbahagialah karena sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadaku salah satu dari kedua rombongan tersebut. Demi Allah! Seakan-akan sekarang aku sedang melihat kematian mereka.”[12]

A. SYURO SEPUTAR TEMPAT DAN POSISI

Ketika Rasulullah SAW hendak bergerak menghadapi pasukan Musyrikin dan mendirikan kemah di hadapannya serta mengambil posisi sebagai persiapan sebelum perang, beliau masih terus mendengarkan saran dari para sahabatnya. Hubbab bin Mundzir bin Jamuh berkata,”wahai Rasulullah, apakah tempat ini adalah wahyu yang Allah turunkan sehingga kami tidak punya hak untuk bergeser maju ataupun mundur. Ataukah ia hanyalah pendapat pribadi, dan peperangan adalah tipu daya dan strategi?” Rasulullah SAW menjawab,”tidak, ia hanyalah pendapat pribadi, dan peperangan adalah tipu daya dan strategi.” Hubbab kembali berkata,”wahai Rasulullah, ini bukanlah lokasi yang tepat. Pergilah bersama beberapa orang hingga kita sampai lebih dekat dengan sumber air, lalu kita singgah di sana. Kemudian kita gali beberapa sumur dan sebuah kolam, lalu kita isi air. kemudian kita perangi mereka. Sehingga kita dapat minum dan mereka tidak.” Rasulullah SAW berkata,”engkau benar-benar telah memberikan pendapatmu.”

Rasulullah SAW segera bangkit beserta beberapa orang sahabatnya. Ia pun pergi hingga mendekati sumber air suatu penduduk dan singgah di sana. Lalu beliau memerintahkan sahabatnya untuk membuat sumur dan sebuah kolam besar pada sumur tempat ia singgah serta mengisinya dengan air. Kemudian mereka lemparkan ke dalamnya tempat air. Mereka pun akhirnya mendapatkan sumber air, sementara kaum musyrikin tidak mendapatkannya. Sekelompok orang musyrikin datang sambil menahan perih karena kehausan. Mereka ingin mengambil air dan meminumnya. Seluruhnya terbunuh pada saat perang Badar kecuali Hakim bin Hizam yang sempat masuk Islam setelah itu. Ia begitu bersyukur kepada Allah SWT atas keselamatan dirinya pada saat perang Badar. Karena kalau tidak niscaya saat itu ia mati dalam keadaan kafir.

6. ALLAH SWT INGIN MEMENANGKAN KEBENARAN

Tidak diragukan lagi bahwa pertempuran antara pasukan muslimin dan musyrikin akan menjadi sebuah pertempuran yang sangat dahsyat. Karena orang-orang Quraiys dengan kesombongannya ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk membinasakan Rasulullah SAW dan sahabat-sahabatnya sehingga hukum paganisme menjadi satu-satunya aturan hukum yang berlaku. Namun demikian, Allah SWT menginginkan agar kekuatan kaum muslimin yang telah dibangun di kota Madinah dan dilatih sedemikian rupa sehingga berhasil melahirkan pasukan-pasukan yang kokoh mampu mengepakkan debu di medan perang, setelah selama lima belas tahun berada di bawah tekanan penindasan dan kelaliman. Serta membela akidah dan dakwah yang ia bawa.

Oleh karenanya, terlihat kemudian bahwa pertemuan antara keduanya benar-benar akan menyisakan kepahitan dan keperihan yang teramat sangat. Namun di balik semua ini, Allah SWT ingin menghancurkan kekuatan pendukung kebatilan dan meninggikan kebenaran dan para pembelanya.

”dan (ingatlah) ketika Allah SWT menjanjikan kepada kalian salah satu dari dua kelompok bahwa ia akan menjadi milik kalian. Kalian berharap bahwa kelompok yang tidak memiliki kekuatanlah yang akan menjadi miliki kalian. Dan Allah SWT ingin menegakkan yang haq dengan kalimatnya, dan memusnahkan orang-orang yang kafir. Agar Ia menegakkan yang hak dan memusnahkan kebatilan meskipun orang-orang berhati durjana tidak menyukainya.”[13]

“(yaitu hari) ketika kalian berada di pinggir lembah yang dekat , sementara mereka berada di lembah yang jauh.sedang kafilahitu berada di bawah kalian. Sekiranya kalian mengadakan persetujuan (untuk menentukan hari pertempuran), nicaya kalian akan berselisih pendapat dalam menentukannya. Akan tetapi (Allah mempertemukan kedua pasukan itu) agar Ia melakukan suatu urusan yang harus dilaksanakan. Yaitu agar orang yang binasa itu akan mendapatkan kebinasaannya atas dasar keterangan yang jelas dan agar orang yang hidup itu mendapatkan kehidupannya atas dasar keteranan yang jelas. Dan sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”[14]

“(Yaitu) ketika Allah menampakkan mereka di dalam mimpimu (dalam jumlah yang) sedikit. Dan sekiranya Allah memperlihatkan mereka kepadamu (dalam jumlah yang) banyak, tentu saja kamu menjadi gentar dan berbantah-bantahan dalam hal tersebut. Akan tetapi Allah telah menyelamatkamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala yang apa yang terdapat di dalam hati. Dan ketika Allah menampakkan mereka kepada kalain, seketika itu kalian berjumpa dengan mereka dalam jumlah yang sedikit di hadapan matamu. Sementara Allah menampakkanmu dalam jumlah yang sedikit di mata mereka. Karena Allah hendak melakukan satu urusan yang harus dilaksanakan. Dan hanya kepada Allah lah segala urusan dikembalikan”[15]

SEBELUM PEPERANGAN

Rasulullah SAW dan para sahabat begitu bersemangat. Mereka memilih tempat yang tepat di arena peperangan. Mereka mendirikan sebuah podium sebagai tempat untuk pemimpin yang dijaga dengan ketat. Barisan pasukan mulai di atur dan kalimat Ahad ... Ahad ... dipilih sebagai bahasa sandi di antara sesama muslim. Hal ini untuk menghindari kesemerawutan, dimana pasukan muslim menghantam saudaranya sendiri ketika perang sedang berkecamuk. Rasulullah SAW memerintahkan pasukannya untuk tidak memulai penyerangan kecuali setelah mendapatkan perintah. Hal ini agar mereka tidak terpancing oleh orang musyrikin untuk berperang tanpa hasil. Rasulullah SAW berpesan,”jika mereka menyerang kalian, maka lemparlah mereka dengan anak panah, jangan kalian bergerak menyerang mereka sampai aku mengizinkannya.”

Demikianlah kita lihat bagaimana Rasulullah SAW mempersiapkan segalanya dengan sangat matang, beliau letakkan segala sesuatunya sesui dengan tempat yang seharusnya. Ia tidak menyisakan celah untuk hal yang sifatnya tiba-tiba tanpa terencana. Kemudian beliau bertawakkal menyerahkan semuanya kepada Allah SWT setelah beliau berupaya secara optimal sebatas kemampuannya.

LAWAN TANDING

Kedua pasukan pun akhirnya saling berhadapan. Fanatisme jahiliah begitu tampak jelas pada diri orang-orang musyrik. Setiap orang ingin memperlihatkan kedudukan dan keberaniannya. Munculah kemudian Al Aswad bin ‘Abdul Asad al Makhzumi. Ia dikenal sebagai seorang yang sangat sadis dan biadab. Dengan nada tinggi ia menantang,”aku berjanji kepada Tuhan bahwa aku akan meminum dari kolam mereka (yaitu kolam yang dibikin oleh orang-orang muslim), atau aku akan menghancurkannya, atau aku akan mati karenanya.” Ia pun menyerang kolam tersebut. Hamzah bin ‘Abdul Muththalib segera bergerak. Ia ayunkan pedangnya hingga menebas setengah dari kaki bagian bawahnya sebelum ia sempat sampai ke kolam tersebut. Namun demi keangkuhan sumpahnya ia merayap. Hamzah pun langsung menenggelamkannya di dalam kolam. ‘Utbah bin Rabi’ah terpancing emosinya. Ia ingin menunjukkan keberaniannya. Tampil pula bersamnya saudaranya, Syaibah dan anaknya Walid. Ia pun menantang untuk berduel. Tiga orang pemuda dari kalangan anshor gugur di hadapan mereka. Rasulullah SAW pun kembali menjawab tantangan mereka. Maka majulah ‘Ubaidah bin al Harits, Hamzah bin ‘Abdul Muththalib, dan ‘Ali bin Abi Thalib, kesemuanya adalah dari keluarga Rasulullah SAW. Beliau mengutamakan kemampuan mereka atas dasar keberanian dan pengalaman mereka dalam berperang sudah sangat masyhur. Dengan izin Allah SWT pula akhirnya keberhasilan mereka untuk mengalahkan orang-orang Quraisy menjadi satu hal yang telah dijamin. Dengan demikian, semangat kaum muslimin kembali terdongkrak dan kekuatan orang-orang kafir pun mulai berjatuhan.

‘Ubaidah (prajurit yang paling muda) berhadapan dengan ‘Utbah, Hamzah berhadapan dengan Syaibah, sementara ‘Ali berhadapan dengan Walid bin ‘Utbah.

Hamzah tidak mengulur-ulur waktu untuk membunuh Syaibah. Demikian pula halnya yang dilakukan oleh ‘Ali terhadap Walid. Berbeda dengan ‘Ubaidah, baik ia maupun ‘Utbah sama-sama terluka. ‘Ali dan Hamzah pun segera mengayunkan pedang mereka hingga ‘Utbah tersungkur mati. Lalu keduanya membawa ‘Ubaidah ke perkemahan pasukan untuk diobati. Peristiwa ini merupakan satu awal yang baik bagi kaum muslimin sekaligus bencana bagi orang-orang musyrikin. Awal yang memilukan ini benar-benar telah membuat mereka berang. Mereka mencoba memancing emosi kaum muslimin. Namun umat Islam kala itu mampu menahan diri hingga datang perintah dari Rasulullah SAW untuk melakukan penyerangan.

RASULULLAH SAW BERMUNAJAT KEPADA ALLAH SWT

Pada saat kritis seperti ini, sudah seharusnya seorang hamba kembali dan berlindung kepada Allah SWT. Mereka harus benar-benar memurnikan niat dan meluruskan tujuan serta menundukkan hati agar Allah SWT pun berkenan memecah kesukaran dan menganugarahkan kemenangan. Oleh karena itu, di tempat peristirahatannya Rasulullah SAW berpaling menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangannya ke langit. Ia pun berdoa memohon kepada tuhannya,”

} اللهم هذه قريش قد أتت بخيلائها تحاول أن تُكذب رسولك اللهم أنشدك عهدك ووعدك . اللهم أنجز لي ما وعدتني اللهم آتني ما وعدتني ، اللهم إن تَهلك هذه العصابة ، من أهل الإسلام اليوم لا تُعبد في الأرض

Ya, Allah , orang-orang Quraisy telah datang dengan kesombongannya. Mereka ingin mendustakan rasul-Mu. Ya, Allah , aku bermunajat memohon janji-Mu. Ya,Allah , tunaikanlah apa yang telah menjadi ketetapanMu. Ya, Allah, berikanlah apa yang telah Engkau janjikan kepadaku. Ya, Allah , jika kelompok yang kecil dari umat ini binasa sekarang, maka Engkau tidak akan disembah di muka bumi ini.”[16]

Demikianlah beliau terus bermunajat memohon kepada Allah SWT sambil mengangkat kedua tangannya sampai sorbannya jatuh dari atas pundaknya. Abu Bakar pun mendatanginya dan meletakkan sorban itu pada kedua pundaknya. Lalu ia berkata dari belakangnya,”wahai Rasulullah, cukuplah apa yang telah kau minta kepada Tuhanmu, karena sesungguhnya Ia akan memberikan apa yang telah dijanjikannya kepada-Mu.” Namun Rasulullah SAW tidak berhenti berdoa kecuali setelah Allah SWT menurunkan firman-Nya,

”ingatlah ketika kalian memohon pertolongan kepada Tuhan kalian. Maka Ia pun mengabulkannya bagi kalian. Sesungguhnya Aku benar-benar membantu kalian dengan seribu malaikat yang berada di belakang. Dan Allah tidaklah menjadikan hal tersebut kecuali sebagai sebuah kabar gembira dan agar hati-hati kalian bisa tenang dengannya. Dan tidaklah kemenangan itu kecuali hanya datang dari Allah . sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”[17]

Kemudian Rasulullah SAW berkata,

} أبشر يا أبا بكر سيهزم الجمع ويولون الدُبُر ،أبشر أتاك نصر الله ، هذا جبريل آخذ بعنان فرسه ، يقوده على ثناياه النقعُ

”bergembiralah, wahai, Abu Bakar, pasukan itu akan dilumatkan dan lari ke belakang. Bergembiralah karena pertolongan Allah SWT telah datang. Ini Jibril memegang kendali kuda dan menungganginya. Pada giginya terdapat debu.”[18]

RASULULLAH SAW MEMOBILISASI SEMANGAT PASUKAN UNTUK BERPERANG

Meskipun Allah SWT telah menjamin kemenangan bagi dirinya, namun Rasulullah SAW tidak tinggal diam menunggu pertolongan dari langit. Karena beliau benar-benar sadar bahwa kemenangan tidak akan datang kecuali dengan mengikuti semua perintah dan ketentuan Allah SWT, persiapan yang matang dan kejujuran hati. Karena sesungguhnya Allah SWT tidak akan merubah apa yang sedang menimpa sebuah kaum hingga mereka berupaya untuk merubah apa yang ada pada diri mereka sendiri. Oleh karenanya, harus ada satu upaya keras dan pengorbanan yang berlipat hingga kaum muslimin memang benar-benar berhak mendapatkan pertolongan dan kemenangan tersebut.

Untuk itu, Rasulullah SAW pun turun ke tengah-tengah barisan pasukan dan memberikan khutbah (orasi) militer sebelum peperangan dimulai, untuk menumbuhkan optimisme dan menguatkan hati mereka.

والذي نفسي بيده لا يقاتلهم اليوم رجل فيقتل صابراً محتسباً مقبلاً غير مدبر إلا أدخله الله الجنة : قوموا إلى جنة عرضها السموات والأرض

“Demi zat yang jiwaku berada di antara kedua tangan-Nya. Tidaklah seseorang memerangi mereka pada hari ini, kemudian ia terbunuh dengan penuh kesabaran dan mengharap keridhaan dari Allah , maju dan tidak lari dari peperangan niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam syurga. Bangkitlah kalian menuju syurga yang lebarnya selebar lapisan langit dan bumi!”

{ فقال عُمير بنُ الحِمَام الأنصاري : يا رسول الله جنة عرضها السموات والأرض ، قال : " نعم "فقال عُمير : بَخٍ بَخٍ ([19]) . قال رسول الله : ما يحملك على قولك بَخٍ ؟ قال : لا والله يا رسول الله ،إلا رجاء أن أكون من أهلها . قال رسول الله : } فإنك من أهلها { ([20]) فأخرج تمرات من قَرَنه([21]) فجعل يأكل منهن ثم قال : لئن عشت حتى آكل هذه التمرات إنها حياة طويلة ، ثم رمى ما كان معه من التمر ثم

‘Umair bin Himam al Anshori berkata,”wahai, Rasulullah , syurga yang lebarnya selebar lapisan langit dan bumi?” Rasulullah SAW menjawab,”ya.” ‘Umair menimpali,”bakh ...bakh ... (aku redho ... aku redho)” Rasulullah SAW berkata,”mengapa engkau mengatakan bakh ...?” ‘Umair menjawab,”tidak, demi Allah , wahai Rasulullah , aku hanya berharap agar aku akan menjadi penghuninya.” Rasulullah SAW menjawab,”engkau akan menjadi penghuninya.”[22] Kemudian ‘Umair mengeluarkan beberapa buah kurma dari tempat anak panahnya yang terbuat dari kulit. Ia pun mulai memakannya satu persatu, lalu berkata,”seandainya aku masih hidup hingga aku memakan seluruh kurma ini, tentu itu adalah kehidupan yang sangat panjang sekali.” Kemudian ia pun melemparkan kurma-kurma yang ada di tangannya dan berkata,
ركضاً إلى الله بغير زاد
إلا التقى وعمل المعاد
والصبر في الله على الجهاد
وكلُ زاد عرضة النفاد
غير التُقى والبرِّ والرشادِ

Berpacu menuju Allah tanpa perbekalan
Kecuali takwa dan amal untuk hari akhir
Serta bersabar di dalam jihad karena Allah
Semua perbekalan pasti akan habis,
kecuali takwa, kebaikan dan keteguhan.

PEPERANGAN

Faktor-faktor turunnya kemenangan bagi kaum muslimin pun semakin matang dan sempurna, baik itu persiapan strategis, ruhani, maupun militer. Sementara orang-orang musyrikin tidak mengetahui akan hal tersebut. Mereka pun tidak tahu taktik berperang kaum muslimin yang baru. Sementara orang-orang musyrikin masih menggunakan cara konvensional di dalam berperang, yaitu strategi “hit und run” menyerang dan kemudian mundur ke belakang, menyerang ketika dalam kondisi kuat, dan mundur ke belakang ketika kondisi mereka sudah mulai lemah. Mereka berperang tanpa ada pengaturan strategi yang baik. Semuanya berdasarkan atas fanatisme, kebencian, dan serba semerawut. Sementara itu, kaum muslimin tetap diam sambil menembaki mereka dengan anak panah. Mereka tidak melakukan penyerangan, menunggu perintah dari Rasulullah SAW. Sehingga banyak pasukan musyrikin yang tewas berjatuhan terkena anak panah kaum muslimin. Hal ini pulalah yang membuat semangat mereka semakin lemah dipenuhi rasa takut. Ketika itulah Rasulullah SAW turun di tengah-tengah pasukannya untuk melihat persiapan terakhir mereka sebelum melakukan penyerangan, sekaligus untuk memimpin sendiri peperangan tersebut. Kemudian beliau memerintahkan pasukannya untuk bergerak maju menghadapi pasukan Quraisy. Mulailah hunusan pedang umat Islam menebas satu persatu kepala orang-orang kafir yang selama ini melakukan pembangkangan penuh kesombongan.

Umat Islam benar-benar menunjukkan satu keberanian yang sangat luar biasa. Dan ketika peperangan semakin memuncak hebat, Rasulullah SAW justru maju ke depan barisan. ‘Ali bin Abi Thalib berkata,”jika keadaan semakin genting dan pandangan mata memerah, maka kami pun berlindung di dekat Rasulullah SAW. Tak seorang pun yang berani lebih dekat dengan musuh selain dirinya. Aku melihat sendiri ketika perang Badar kami berlindung di dekat Rasulullah SAW dan ketika itu ia adalah orang yang paling dekat dengan musuh di antara kami.

SIKAP HEROIK DI MEDAN PERANG

Sikap heroik dan jiwa kepahlawanan di medan perang ternyata bukanlah monopoli sahabat-sahabat senior dan pemimpin pasukan semata. Namun hal tersebut ternyata juga menular kepada sahabat-sahabat yang masih belia yang memang belum memiliki pengalaman perang sebelumnya. Bahkan jiwa heroik mereka setara dengan keberanian pemimpin pasukan Quraisy, seorang yang benar-benar memiliki kedudukan yang tinggi di tengah komunitas masyarakat mereka. Sebagai contoh Abu Jahal, seorang yang sudah sangat kaya akan pengalaman berperang. Ialah sang pemimpin pasukan yang ketika perang Badar berputar mengelilingi pasukannya sambil memprovokasi mereka,”jangan pernah merasa lemah atas kematian ‘Utbah, Syaibah, dan Walid. Karena sesungguhnya mereka terlalu tergesa-gesa. Demi Latta dan ‘Uzza, kita tidak akan kembali sebelum berhasil mencerai-beraikan mereka di pegunungan. Aku tidak ingin melihat salah seorang kalian membunuh salah seorang dari mereka. Namun habisi mereka sekaligus sehingga kalian dapat mengajarkan kepada mereka arti buruknya perbuatan mereka yang telah meninggalkan kalian dan keengganan mereka untuk menyembah Latta dan ‘Uzza.” Kemudian Abu Jahal membaca sebuah sya’ir:

Tidak sebuah peperangan yang keras merasa dendam kepadaku
Mengorbankan dua tahun umurku masih dini
Untuk inilah ibuku melahirkanku.

KEMATIAN ABU JAHAL

‘Abdurrahman bin ‘Auf berkata,”ketika perang Badar aku benar-benar berada di tengah barisan. Tiba-tiba saja dari sisi kanan dan kiriku muncul dua orang pemuda yang masih sangat belia sekali. Seakan-akan aku tidak yakin akan keberadaan mereka. Aku berharap seandainya saat itu aku berada di antara tulang-tulang rusuk mereka. Salah seorang dari mereka berkata kepadaku sambil berbisik,”Paman, tunjukkan kepadaku mana Abu Jahal.” Kukatakan kepadanya,”anakku, apa yang akan kau perbuat dengannya?” Pemuda itu kembali berkata,”aku mendengar bahwa ia telah mencela Rasulullah . Aku pun berjanji kepada Allah seandainya aku melihatnya niscaya aku akan membunuhnya atau aku yang akan mati di tangannya.” Aku pun tercengang kaget dibuatnya. Lalu yang lainnya langsung memelukku dan mengatakan hal yang sama kepadaku. Seketika itu aku melihat Abu Jahal berjalan di tengah kerumunan orang. Aku berkata,”tidakkah kalian lihat? Itulah orang yang kalian tanyakan tadi.” Mereka pun saling berlomba menghayunkan pedangnya hingga keduanya berhasil membunuh Abu Jahal.

Dalam salah satu riwayat, ‘Abdurrahman bin ‘Auf berkata,”aku akan merasa senang sekali seandainya aku berada di antara mereka berdua. Maka kutunjukkan kepada mereka yang mana Abu Jahal. Mereka pun meluncur layaknya dua ekor elang hingga mereka berhasil membunuhnya. Kedua pemuda beliau itu adalah anak ‘Afraa. ‘Abdullah bin Mas’ud mendapati Abu Jahal dengan sisa-sisa nafas terakhirnya. Kemudian ia pun langsung membunuhnya. Anas bin Malik berkata, Rasulullah SAW pernah mengatakan,”siapa yang pernah melihat apa yang telah dilakukan oleh Abu Jahal?” Ibnu Mas’ud menjawab,”Saya, wahai Rasulullah .” ia pun bergegas pergi. Lalu ia menemukannya lemas di tangan kedua anak ‘Afra. Ibnu Mas’ud berkata,”aku pun menarik jenggotnya. Dan kukatakan,’engkau abu Jahal!” ia menimpali,”apakah di atas Abu Jahal ada laki-laki lain yang telah kalian bunuh?”[23] kemudian ia pun membunuhnya lalu memberitahukannya kepada Rasulullah SAW.

TEWASNYA PEMUKA QURAISY

Peperangan Badr pun ternyata menyisakan kepahitan bagi para pemuka dan pembesar Quraisy seperti ‘Utbah, (saudaranya) Syaibah, dan (anaknya) Walid. Demikian pula bagi Abu Jahal, Jam’ah bin al Aswad, Nabih dan Munabbih, Umayyah bin Khalaf serta Abu Al Buhturi.

TERBUNUHNYA UMAYYAH BIN KHALAF

Umayyah bin Khalaf merupakan salah seorang pemuka Quraisy di kota Makkah yang pernah menyiksa Bilal dan orang-orang mukmin yang tinggal di sana. Peperangan Badar benar-benar telah membuatnya kehilangan akal dan fikiran. Sampai-sampai ia berteriak-teriak meminta pertolongan agar menyelematkan dirinya dari tengah peperangan tersebut.

‘Abdurrahman bin ‘Auf berkata,”aku berpapasan dengan Umayyah bin Khalaf. Ia berdiri bersama anaknya dengan penuh kebingungan. Waktu itu aku membawa beberapa buah baju besi yang telah menjadi harta rampasan perangku. Ketika ia melihatku, ia pun memanggilku.

“Wahai hamba Tuhan!”

“Ya,”jawabku

“Apakah engkau akan menjadikan kami berdua sebagai tawanan perang? Diriku lebih baik dari baju-baju besi yang ada ditanganmu itu. Barang siapa yang menawanku, maka niscaya aku akan menebusnya dengan unta yang banyak susunya.”

‘Abdurrahman berkata,”kulemparkan baju besi itu dan kuraih tangan mereka berdua. Sementara itu ia berkata,’aku tidak pernah melihat situasi seperti hari ini sebelumnya.” Kemudian ia berkata lagi,”wahai ‘Abdullah, siapakah orang yang dikenal dengan bulu yang lembut di dadanya?” ‘Abdurrahman berkata,”kukatakan kepadanya,’Hamzah bin Abi Muththalib.” Lalu ia berkata,”itulah orang yang telah melakukan ini dan itu kepada kami.” ‘Abdurrahman berkata,”demi Allah , aku akan benar-benar membalas mereka berdua jika bilal melihatnya bersamaku. Dialah yang dulu menyiksa Bilal di Makkah karena ego jahiliah terhadap Islam. Ketika Bilal melihatnya, ia pun berkata,”Pentolan orang kafir Umayyah bin Khalaf. Aku tidak akan selamat jika ia selamat!” ‘Abdurrahman berkata,”kukatakan,’wahai Bilal, ia adalah tawananku.” Bilal kembali berkata,”aku tidak selamat jika orang itu masih juga selamat.” Kemudian dengan nada lantang ia berteriak,”wahai, orang-orang Anshar, pentolan orang kafir adalah Umayyah bin Khalaf. Aku tidak selamat jika orang itu masih juga selamat.” Orang-orang pun berkumpul mengelilingi kami. Lalu aku ikut bersama mereka. Salah seorang mengayunkan pedangnya ke kaki anaknya hingga ia terjatuh. Umayyah berteriak histeris, sesuatu yang belum pernah kudengar sebelumnya. ‘Abdurrahman berkata,”kukatakan kepada Umayyah,”selamatkanlah dirimu sendiri! Sekarang tidak ada lagi keselamatan bagi dirimu! Demi Allah , aku tidak akan menolongmu sedikitpun.” Ia berkata,”orang-orang pun berkumpul dan menghajarnya dengan pedang-pedang mereka sampai mereka membereskan keduanya.

‘Adurrahman berkata,”semoga Allah SWT senantiasa merahmati Bilal, ia telah menyakitiku dengan baju besi dan tawananku!!!” demikianlah, barang siapa yang berselisih dengan Allah maka ia pun akan kalah. Dan barang siapa yang menantang Allah SWT dan rasul-Nya maka ia akan menjadi orang-orang yang begitu terhina. Dan barang siapa yang bersikap semena-mena terhadap hamba-Nya maka niscaya Ia akan membalasnya dengan balasan yang setimpal. Ia jadikan dirinya sendiri sebagai pelajaran dan tanda kekuasaan-Nya. Dan azab akhirat itu benar-benar lebih menyakitkan dan lebih dahsyat.
“Dan Allah Maha Menguasai urusan-Nya namun kebanyakan orang tidak menyadarinya.”[24]

ANTARA AQIDAH DAN IKATAN EMOSIONAL

Selama perang Badar berlangsung terjadi satu pergolakan antara ikatan emosional dengan aqidah yang ia perjuangkan selama ini. Tidak sedikit kaum muslimin (demikian pula Rasulullah SAW) yang harus mendapati keluarga mereka berada di tengah barisan kaum musyrikin. Seseorang mungkin akan menemukan saudara, orang tua, paman, atau bahkan menantunya selama ini. Antara akidah dan perasaan pun saling berhadap-hadapan. Namun perasaan dan ikatan emosional harus lebur dan tunduk di hadapan akidah dan keyakinan yang sudah tertanam begitu kuat. Demikianlah karakter seorang mukmin adalah senantiasa komitmen dengan aturan-aturan Allah SWT semata.

“wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian jadikan bapak-bapak dan saudara-saudara kalian sebagai wali jika ternyata mereka lebih mencintai kekafiran daripada keimanan. Dan barang siapa di antara kalian yang menjadikan mereka sebagai walinya maka mereka itulah orang-orang yang zalim.”[25]

Sebagai contoh Abu Hudzaifah bin ‘Utbah yang berada di barisan kaum muslimin sementara orang tuanya ‘Utbah bin Rabi’ah berada di pihak orang musyrik. Abu Hudzaifah mengajak ayahnya untuk memenuhi seruan kebenaran. Namun sang ayah yang sudah begitu jauh terjebak di dalam kejahiliahan tetap kukuh di dalam kesesatan sampai akhirnya kesesatan tersebut mengantarkannya kepada ujung kehidupan yang sangat buruk sekali. Ia tewas di tangan kaum muslimin di tengah peperangan. Setelah kemenagan menjadi milik kaum muslimin, Rasulullah SAW pun memerintahkan sahabatnya untuk memasukkan orang-orang musyrikin yang telah tewas ke dalam kubangan besar. Dan ketika tubuh ‘Utbah bin Rabi’ah diangkat, beliau pun memandang ke arah Hudzaifah bin ‘Utbah. Beliau tampak berubah. Ia berkata kepadanya,”wahai, Hudzaifah, mungkin di dalam hatimu terdapat sesuatu tentang apa yang telah menimpa orang tuamu?” Hudzaifah menjawab,”tidak, wahai, Rasulullah . Aku tidak ada keraguan sedikitpun pada diriku tentang ayahku dan kematiannya. Namun aku tahu benar kelembutan, pandangan, dan kelebihannya. Aku begitu berharap seandainya saja Allah memberikan hidayah kepadanya. Dan ketika aku melihat apa yang telah menimpa dirinya, aku pun teringat bagaimana ia mati dalam keadaan kafir setelah aku berharap sebaliknya, hal itulah membuatku sedih.” Maka Rasulullah SAW pun mendoakan dan menghiburnya dengan kata-katanya.

BERSAMA PARA TAWANAN

Pada peperangan ini, kaum muslimin berhasil membunuh tujuh puluh orang dari kalangan orang-orang musyrikin dan menahan sekitar tujuh puluh orang. Rasulullah SAW memerintahkan untuk membunuh dua orang tawanan karena permusuhan dan kebencian mereka yang sudah di luar batas, selain mereka berdua adalah orang yang paling banyak melakukan kalaliman. Status keduanya lebih sebagai penjahat perang, bukan lagi sebagai tawanan perang. Karena selama ini mereka begitu berambisi untuk berbuat makar kepada umat Islam dan menyiksa orang-orang yang lemah dari kalangan mereka. Keduanya terkenal begitu menantang Allah SWT dan rasul-Nya. Sehingga jumlah tawanan sisa enam puluh delapan orang.

Rasulullah SAW meminta pendapat para sahabatnya seputar apa yang akan mereka perbuat terhadap tawanan perang tersebut. ‘Umar bin Khaththab berkata,”wahai, Rasulullah , mereka telah mendustakan, memerangi, dan mengusirmu. Menurutku sebaiknya kau izinkan aku untuk menebas leher fulan (yaitu kerabatnya sendiri). Dan kau izinkan Hamzah untuk membunuh ‘Abbas, dan ‘Ali membunuh ‘Uqail. Begitulah agar orang tahu bahwa tidak ada kecintaan sedikitpun di dalam hati kami terhadap orang-orang yang musyrik. Aku melihat bahwa engkau tidak perlu menjadikan mereka sebagai tawanan. Tebaslah semua leher mereka. Prajurit, para pemimpin, dan pemuka mereka.” Usulan ini disetujui oleh Sa’d bin Mu’adz dan ‘Abdullah bin Rawahah.

Sementara Abu Bakar berkata,”wahai Rasulullah , mereka itu adalah kaum dan keluargamu juga. Allah SWT telah menganugerahkan kemenangan kepadamu. Menurutku sebaiknya engkau biarkan saja mereka sebagai tawanan dan kau minta dari mereka tebusan. Sehingga tebusan tersebut dapat menjadi sumber kekuatan kita untuk menghadapi orang-orang kafir. Dan semoga Allah SWT memberikan petunjuk-Nya kepada mereka melalui dirimu sehingga mereka pun akan menjadi pembelamu.”

Akhirnya Rasulullah SAW mengambil pendapat Abu Bakar. Beliau pun membagi-bagikan sisa tawanan (68 orang) kepada sahabat-sahabatnya sambil berpesan,”perlakukanlah para tawanan itu dengan baik” kemudian beliau menerima tebusan dari para tawanan tersebut. Orang kaya akan membayar satu orang tawanan sebesar sekitar seribu hingga empat ribu dirham. Sementara orang-orang miskin, sebagian mereka dibebaskan begitu saja tanpa dimintai tebusan. Beliau pun menuntut dari para tawanan yang memiliki ilmu untuk mengajarkan kepada anak-anak kaum muslimin membaca dan menulis sebagai tebusan bagi diri mereka.

KEUTAMAAN UKHUWAH IMANIAH

Abu ‘Aziz bin ‘Umair bin Hasyim, saudara Mush’ab bin ‘Umair, menjadi tawanan Abu Yusr Al Anshori. Suatu hari Abu ‘Aziz lewat dan bertemu dengan saudaranya Mush’ab. Mush’ab pun berkata kepada Abu Yusr,”tahanlah tanganmu dari tawananmu, karena ibunya adalah seorang yang kaya. Ia akan menebusnya untukmu dengan harta yang banyak. Abu ‘Aziz, saudaranya berkata,”wahai saudaraku, ini adalah perlakuanmu kepadaku?.” Mush’ab berkata kepadanya,”sesungguhnya ia (Abu Yusr) adalah saudaraku selain dirimu.” Dan ketika tebusannya diminta, ibunya bertanya berapa tebusan terbesar yang diberikan untuk membebaskan orang Quraisy. Maka dikatakan kepadanya empat ribu dirham. Wanita itu pun mengirim empat ribu dirham dan menebus anaknya. Demikianlah bagaimana Ukhuah Imaniah ternyata lebih berharga dari sekedar jalinan persaudaraan yang dibangun atas dasar pertalian darah dan keturuan. Karena ia adalah persaudaraan yang dibangun di atas kebenaran dan di jalan Allah SWT.

MENANTU RASULULLAH MENJADI TAWANAN PERANG

Abu ‘Ash bin Rabi’ bin ‘Abdul ‘Uzza tertawan ketika perang Badar. Ia adalah menantu Rasulullah SAW, suami dari putri beliau, Zainab. Abu ‘Ash merupakan orang Makkah yang cukup diperhitungkan dari segi harga, kejujuran, dan perdagangannya. Ibunya adalah Halah binti Khuwailid, saudara perempuan Khadijah binti Khuwailid. Khadijahlah yang dulu meminta kepada Rasulullah SAW agar menikahkan lelaki itu kepada putri beliau, Zainab. Khadijah sudah menganggapnya seperti anak sendiri. Dan karena pertimbangan itulah Rasulullah SAW tidak menolak permintaan istrinya tersebut. Hal ini terjadi sebelum beliau diangkat menjadi seorang nabi. Namun ketika wahyu telah diturunkan kepada Rasulullah SAW dan orang-orang Quraisy pun mulia memusuhinya, Abu Lahab berkata,”buatlah Muhammad sibuk dengan dirinya sendiri, dan ceraikanlah putri-putrinya dari suami-suami mereka.” Ia pun memerintahkan putranya, ‘Utbah hingga akhirnya ia menceraikan putri Rasulullah SAW. Ia juga mendatangi Abu ‘Ash bin Rabi’dan memintanya untuk menceraikan Zainab. ”Ceraikanlah istrimu, setalah itu kami akan menikahkanmu dengan perempuan Quraisy mana saja yang kau inginkan.” Abu ‘Ash menjawab,”tidak, demi tuhan aku tidak akan menceraikannya. “Aku tidak ingin wanita Quraisy menggantikan istriku.” Rasulullah SAW memuji sikpanya kala itu. Dan ketika penduduk Makkah membawa tebusan bagi tawanan perang, Zainab pun membawa harta untuk menebus suaminya, Abu ‘Ash. Ia membawa sebuah kalung yang dihadiahkan oleh ibunya, Khadijah, ketika ia menikah dengan Abu ‘Ash. Ketika Rasulullah SAW melihatnya, hatinya pun langsung terenyuh dalam. Beliau berkata,”jika kalian bersedia untuk membebaskannya, dan mengembalikan barang miliknya, maka lakukanlah.” Sahabat menjawab,”baiklah, wahai Rasulullah .” mereka pun membebaskan Abu ‘Ash dan mengembalikan kalung milik Zainab. Hal ini beliau lakukan karena Abu ‘Ash membiarkan Zainab turut berhijrah ke kota Madinah. Rasulullah SAW sendiri telah membebaskan beberapa orang tawanan perang tanpa ada tebusan ataupun bayaran sedikitpun, mengingat kondisi mereka yang menuntut untuk hal tersebut.

HASIL PERANG BADAR

Perang Badar (dengan seluruh hasil yang ia torehkan bagi sejarah harokah Islamiah maupun sejarah umat manusia seluruhnya) telah menjadi sebuah pelajaran yang sangat jelas sekali bagi harokah Islamiah maupun bagi perjalanan sejarah ke depan. Allah SWT menyebut hari itu dengan nama “yaumul furqon yaum iltaqo al jam’an” atau hari pembeda, hari dimana dua kekuatan bertemu. Peperangan ini sendiri memberikan beberapa buah hasil penting antara lain:

Ia merupakan pembatas di antara dua ikatan dan menjadi pembeda antara yang haq dan yang bathil. Kekuatan umat Islam semakin kuat sehingga dataran arab pun turut memperhitungkannya. Kebenaran muncul di permukaan dengan rambu-rambu akidah dan prinsip-prinsip dasar yang dibawanya.

1. Tergoncangnya kedudukan Quraisy di mata orang Arab serta kegalauan penduduk Makkah di hadapan tamparan yang tak diduga tersebut.

2. Tampilnya umat Islam sebagai sebuah kekuatan yang memiliki arti dan pengaruh. Hal ini menyebabkan banyak kabilah yang tinggal di sepanjang jalur Makkah dan Syam membuat perjanjian kesepakatan dengan mereka. Dengan demikian kaum muslimin sudah berhasil menguasai jalur tersebut.

3. Sebelum perang Badr meletus, kaum muslimin mengkhawatirkan keberadaan orang-orang non muslim yang tinggal di kota Madinah. Namun setelah mereka kembali ternyata kenyataannya justru sebaliknya.

4. Semakin bertambahnya kebencian orang-orang yahudi terhadap umat Islam. Sebagian mereka mulai menunjukkan permusuhannya secara terang-terangan. Sementara yang lainnya menjadi agen yang membawa berita seputar prihal kaum muslimin kepada orang-orang Quraisy serta memprovokasi mereka untuk menyerang umat Islam.

5. Aktivitas perdagangan Quraisy menjadi semakin sempit. Akhirnya mereka terpaksa menapaki jalur Iraq melalui Najd karena takut apabila dikuasai oleh orang-orang Islam. Dan jalur ini merupakan jalur yang panjang.

6. Pada perang Badar, empat belas orang dari kalangan umat Islam gugur sebagai syuhada; enam orang dari kalangan Muhajirin dan delapan orang dari kalangan Anshor. Sementara dari pihak orang musyrikin tewas sebanyak tujuh puluh orang dan tujuh puluh orang lagi berhasil ditawan. Kebanyakan dari mereka adalah pemuka dan pembesar Quraisy.

العبر المستفادة من هذه الغزوة :
الدارس لمعركة بدر والمتتبع لحوادثها يستفيد منها الدروس والعبر الكثيرة ومنها :
1- وعدُ الله للمؤمنين العاملين بالنصر لا يتخلف ، وإرادته سبحانه نافذة ، لا يردها راد .
2- أن الله لا يحق الحق ولا يبطلُ الباطل في المجتمعات إلا بالرجال الصابرين المجاهدين.
3- التكاتف وتوحيد القيادة وعدم الفرقة سبيل إلى النصر والفلاح .
4- الابتكارات الجديدة التي تفجأُ العدو والتعبئة المنظمة من عوامل كسب المعارك . وهذا ما فعله الرسول r في بدر . فقد حارب المشركين بتعبئة حديثة واستفاد من كل خبرة عند المؤمنين .
5- العقيدة الراسخة تعطي الثقة وترفع المعنويات ،وتربي الجندي الذي لا يهزم ، قال تعالى :
} كم من فئة قليلة غلبت فئة كثيرة بإذن الله والله مع الصابرين { ([26]).


PELAJARAN DARI PERANG BADAR

Mereka yang mempelajari peristiwa perang Badar dan merenungi kejadian-demi kejadian dengan seksama, maka niscaya akan banyak sekali pelajaran yang dapat ia ambil. Antara lain:

1. Janji Allah SWT bagi orang-orang yang beriman dan berusaha dengan penuh kesungguhan berupa kemenangan pasti akan ditepati. Apa yang Ia inginkan pasti terjadi, dan tidak satu pun yang dapat menolaknya.

2. Sesungguhnya Allah SWT tidak akan menegakkan yang hak dan meruntuhkan kebatilan kecuali melalui tangan orang-orang yang senantiasa sabar dan berjihad.

3. Kebersamaan, kesatuan garis komando (kepemimpinan), persatuan merupakan jalan yang akan mengantarkan kepada kemenangan dan keberhasilan.

4. Strategi perang yang baru serta persiapan yang matang merupakan salah satu faktor kemenangan di dalam peperangan. Hal inilah yang telah dilakukan oleh Rasulullah SAW pada perang Badr. Beliau memerangi kaum musyrikin dengan strategi baru dan pengalaman dari kaum muslimin.

5. Kekokohan akidah mampu memberikan satu perasaan tsiqoh yang sangat kuat, meningkatkan semangat, dan mendidik prajurit sejati. Allah SWT berfirman,”Berapa banyak kelompok dengan jumlah sedikit mampu mengalahkan kelompok dengan jumlah yang banyak dengan izin Allah . dan Allah benar- benar bersama orang-orang yang bersabar “[27].

[1] . Tahdzib Sirah Ibnu Hisyam, Hal 145
[2] . Diriwayatkan oleh Ibnu Ishaq. Lihat kembali Sirah Ibnu Hisyam, 1/606
([3]) ظهر . أي دابته التي يركب عليها وتحمل متاعة ، وقد يراد به زاد الطريق و المئونة التي يستطيع الخروج بها.
[4] . Ar-Raudh al Anf ; 2/32-38
[5] . Tahdzib Sirah Ibnu Hisyam / 150
[6] . Tahdzib Sirah Ibnu Hisyam / 156
[7] . Tahdzib Sirah Ibnu Hisyam / 156
[8] . Pada zaman jahiliah, Miqdad menjalin sebuah pertalian khusus dengan Al Aswad bin ‘Abd Yaghuts az-Zuhri. Ia pun mengangkatnya sebagai anak sehingga Miqdad dipanggil Miqdad al Aswad. Namun ketika turun firman Allah SWT “panggillah mereka sesuai dengan nama bapak-bapak mereka,” maka ia pun dipanggil Miqdad bin ‘Amr.
[9] . Dinukil dari Sirah Nabawiah Fii Dhoui al Quran wa as-Sunnah, 2/99
([10]) هو الذي يقال له المقداد بن الأسود
([11]) قال الهمداني : هو موضع في أقصى اليمن
[12] . Lihat Sirah Ibnu Katsir 2/391juga Ar-Raudh Al anf ‘ala Sirah Ibnu Hisyam 3/33
[13] . Surah Al Anfal 7-8
[14] . Surah Al Anfal 42
[15] . Surah Al Anfal 43-44
[16] . Diriwayatkan oleh Imam Ahmad.
[17] . Surah Al Anfal9-10
[18] . Sirah Nabawiah, Ibnu Hisyam 1/627
([19]) بَخٍ ـ كلمة تقال عند الرضا بالشيء
([20]) رواه مسلم 2/139 ، مشكاة المصابيح 2/331
([21]) القَرن ـ هي الجعبة من الجلد
[22] . Diriwayatkan oleh Imam Muslim 2/139
[23] . Ar-Rahiq Al Makhtum, hal 245
[24] . Yusuf 21
[25] . At Taubah 23.
([26]) البقرة 249
[27] . Al Baqoroh 249

No comments:

Post a Comment