Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

PGSI Aceh


Pelatihan ICT dan Bahan Ajar

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Kepala SMA/SMK/MA
Di Tempat.

Salam  Pendidikan,
Penyelenggaran kegiatan pelatihan ICT dan Bahan Ajar dari Telkomsel untuk para guru Matematika se Indonesia telah sukses kami selenggarakan di tahun 2010 sebanyak 24 kota dengan total kepesertaan mencapai 2.800 guru dan dapat dilihat interaksinya di www.telkomselsahabatguru.com. Berbekal keberhasilan dan antusiasme para guru, maka kami mengadakan kembali pelatihan ICT dan pendalaman materi pengajaran di tahun 2011 sebagai rangkaian kegiatan CSR Telkomsel yang selalu peduli terhadap dunia pendidikan.
Setelah dibukanya kegiatan ini pada tanggal 4 Juli 2011 oleh Prof Dr. Fasli Jalal di Aula Kemendiknas bersama perwakilan para guru dari berbagai daerah se Indonesia maka untuk selanjutnya kegiatan Pelatihan ICT dan Bahan Ajar pada tahun 2011 ini dimulai diselenggarakan di beberapa wilayah dengan waktu 3 hari per kegiatannya yang terdiri dari 2 hari pelatihan bagi guru dan 1 hari untuk siswa.
Khusus di tahun 2011, kami mengembangkan diri dengan menyediakan juga pelatihan bidang mata pelajaran fisika dalam setiap kunjungan pelatihan di setiap kota nya, dimana pelatihan akan dilakukan secara paralel untuk bidang Matematika namun tergantung dari alokasi kegiatan di setiap kotanya.
Dalam waktu dekat ini, kota bapak/ibu mendapatkan kesempatan pelatihan ini. Kami menyediakan seluruh sarana bagi para guru untuk mengikuti pelatihan ini berupa ruang pelatihan, konsumsi, pengajar dan tanpa dipungut biaya apapun.
Oleh karena itu, kami berharap dukungan dan kerja sama dari bapak/ibu Kepala Sekolah setempat dalam dukungan serta partisipasinya di pelatihan ini demi kemajuan dunia pendidikan Negara tercinta ini.
Terima kasih
Eri Wahyuadi
Ketua Penyelenggara

Tembusan:
Prof . Dr. Fasli Jalal (Wakil Menteri Penididikan Nasional Republik Indonesia)
Pimpinan PT. Telekomunikasi Seluler






Ringkasan Eksekutif
1.    Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan program CSR ICT Edu Guru 2010.
2.    Penyelenggaraan tahun 2010 sangat sukses terselenggara di 18 kota.
3.    Kegiatan tahun anggaran 2011 akan diperluas hingga 22 kota, dengan moda pelatihan 2 hari pelatihan ICT bagi guru dan 1 hari kegiatan belajar bersama dengan para siswa.
4.    Pelatihan ini melibatkan 60 guru matematika, 60 guru fisika dan 800 siswa disetiap kotanya.
5.    Cakupan pelajaran di tahun 2011 adalah Matematika, Fisika.
6.    Dukungan pengajar dari MIPA UI.
7.    Sisi ICT Program 2011 selain menggunakan web dan wap akan diperkaya dengan pemberian softcopy digital visual books.



I.                GAMBARAN SITUASI DAN KEBUTUHAN

Pembangunan di bidang pendidikan sampai saat ini masih menjadi prioritas utama dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia karena pendidikan adalah barometer kemajuan suatu bangsa.
Salah satu komponen yang sangat menentukan berhasil atau tidaknya penyelenggaraan pendidikan adalah guru. Guru sebagai ujung tombak pendidikan yang langsung berada di garis depan berhadapan dengan siswa dituntut memiliki kompetensi yang memadai. Melalui guru, penanaman nilai-nilai dan pembelajaran berbagai ilmu pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan kekinian dan masa depan dapat berlangsung.
Saat ini masih ditemukan kemampuan guru menjelaskan pelajaran kurang terkinikan, kekurangan ini berakibat pada kemampuan menjelaskan pelajaran tersebut yang kemudian bermuara pada daya serap siswa dalam belajar.

Pentingnya pelatihan
Mengingat tugas guru begitu berat maka perlu untuk selalu di-update pengetahuan, wawasan, keterampilannya menuju kepada pengembangan profesi yang diharapkan. Dalam era globalisasi seperti sekarang semua ilmu pengetahuan cepat usang. Apalagi kalau guru tidak di-training dan tidak bisa memperoleh akses informasi yang baru, jika itu terjadi maka guru akan ketinggalan. Peningkatan mutu guru sebagai upaya peningkatan tenaga kependidikan memiliki tujuan agar guru terus berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Hal ini  agar mereka dapat mengikuti perkembangan Iptek yang demikian cepat.
Implementasi teknologi dan media yg menjadi pusat diseminasi materi
Mengacu pada tuntutan kebutuhan pengembangan iptek; dimana didalamnya termasuk kemampuan mengakses, memilih, dan menilai serta mengolah informasi yang searah dengan visi dan misi pembangunan pendidikan nasional, maka ditetapkanlah tujuan dan sasaran program:
Peningkatan kompetensi guru dalam bidang pendidikan umum penyelenggaraan pendidikan;
Peningkatan kemampuan yang harus dimiliki oleh guru untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang dituntut oleh kurikulum;
Peningkatan kemampuan pengetahuan dan wawasan guru dalam memanfaatkan ICT dalam mengakses kebutuhannya akan bahan ajar.



II.               PENYUSUNAN PROGRAM ATAU KEGIATAN

Program CSR ICT akan fokus pada bidang yang berkaitan dengan pendidikan, dimana telekomunikasi dan komunikasi berperan penuh sebagai perangkat pendukung diseminasi informasi ke seluruh pelosok negeri.
Aktivitas CSR ICT Pendidikan akan dibagi dalam tiga kelompok besar aktivitas:
1.   Off Air Event
◦   Pelatihan guru dan siswa
▪   bahan ajar
▪   update solusi (penyelesaian soal)
2.  Online Retention Web Platform
◦   ICT
▪   sentra file bahan ajar
▪   diseminasi online (coverage)
▪   forum
3.  V Books

Ad. 1.
Off Air Event MGMP
Adalah aktivitas pelatihan atau peningkatan kemampuan guru-guru di setiap daerah dengan format seminar sehari mengenai kurikulum, bahan ajar, simulasi soal dan trend soal serta penyelesaiannya.
Sebenarnya Diknas telah melakukan hal ini secara rutin setiap tahunnya namun dengan keterbatasan anggaran maka kepesertaan dalam kegiatan ini menjadi sangat kurang memadai dibandingkan dengan antusiasme guru-guru yang ingin mengikutinya. Terobosan yang dilakukan Telkomsel ini tentunya menjawab sekali kebutuhan mereka akan peningkatan kualitas pengajaran yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas siswa itu sendiri.
Dilakukannya kegiatan ini bersama MGMP karena Musyawarah Guru Mata Pelajaran ini merupakan wadah para guru yang memiliki kesamaan pengajaran, dan hingga saat ini sangat aktif berinteraksi didalamnya dalam hal perolehan bahan ajar dari berbagai sumber diseminasi informasi bahan pelajaran. MGMP yang telah dikoordinasi kami adalah MGMP bidang matematika, kimia, fisika di 36 kota besar se Indonesia.
Pada tahun ini pelatihan akan dilaksanakan untuk guru Matematika, Fisika dan Kimia yang kemudian akan diperkaya dengan kegiatan belajar bersama dengan para siswa berbagai sekolah di hari ke tiga pelaksanaan program.

Ad. 2.
Online Retention Web Platform (www.telkomselsahabatguru.com)
Merupakan web apps. yang dibangun sebagai retention tools setelah dilakukannya kegiatan diatas sebelumnya dan dapat sekali diklaim sebagai kontribusi Telkomsel atas konten internet yang positif. Keberadaannya di Indonesia akan menghemat akses bandwidth internasional. Dengan adanya aplikasi ini maka diseminasi informasi pendidikan yang berupa bahan ajar, solusi dan latihan soal maupun jurnal lainnya dapat diakses oleh seluruh guru dan siswa secara nasional sambil berinteraksi didalamnya.
Aplikasi ini bekerja sebagai “Data Bank” bagi kegiatan ICT Pendidikan dengan fitur antara lain:
·         Video stream yang bisa merepresentasikan kehadiran di kelas secara online yang berisi content-content pengajaran kelas maupun content-content animasi pelajaran yang dapat saja disediakan oleh pihak ketiga. Pengisian materi saat ini dilakukan oleh pengajar rujukan, kelompok mahasiswa dan nantinya oleh para guru itu sendiri yang berpartisipasi.
·         E-book library, yaitu pustaka artikel bahan ajar, buku elektronik, latihan soal dan lain sebagainya yang bisa diunduh secara gratis oleh pengakses.
·         Forum guru, merupakan massage board untuk guru-guru dapat melakukan komunikasi intensif sesamanya, berupa tukar menukar latihan soal, penyelesaian soal maupun hal lain yang menunjang komunikasi di dalam MGMP tersebut.
·         Simulasi soal, fitur unik ini memungkinkan pengakses melakukan simulasi (try out) soal-soal yang tersedia didalamnya dan langsung mendapatkan hasil tes tersebut, serta dilengkapi dengan metode penyelesaian soalnya, sehingga siswa dapat berlatih dan mempelajari jalan penyelesaian soal secara online tanpa terbatas ruang dan waktu.

Ad 3.
V Books
vBooks adalah buku belajar elektronik (CD) yang berisi materi pelajaran matematika yang dipresentasikan sebagai buku untuk dibuka di komputer dan dilengkapi dengan video tutorial didalamnya. Kisah sukses distribusi CD ini pada kegiatan belajar bersama Tgl 29 Januari 2011 di Jakarta dimana 2.000 siswa mendapatkannya.
Pemberian v book dalam setiap pelatihan bagi setiap guru yang hadir. Seluruh edisi v book akan diberikan melalui pelatihan maupun melalui Grapari setempat.
Pada Tahun 2011 ini rencananya akan terbit 5 edisi v book dengan tambahan edisi khusus pada setiap edisi terbitannya. Integrated type vBooks, berisi latihan soal dan solusinya dengan materi seperti latihan soal jawab SKLUN, SNPTN, dengan materi pelajaran matematika, fisika dan kimia dalam setiap terbitannya.


III.             MOBILISASI SUMBERDAYA

Kegiatan ini melibatkan oleh berbagai unsur yaitu:
a.    Pengajar Rujukan Guru (Bekerja sama dengan MIPA UI)
b.    Pengajar Pembuat bahan Ajar Digital (ICT)
c.    Guru-guru senior dari Alumni
d.    Web developer
e.    Tim riset soal-soal terkini (mahasiswa)
f.     Pengurus MGMP
g.    Para guru matematika, fisika dan kimia
h.    Kepala Sekolah dan Diknas setempat



IV.             PROSES DAN PENGELOLAAN PROGRAM



V.              HASIL DAN DAMPAK PROGRAM

a.    Information Spreading, dapat segera menyebarkan informasi trend soal melalui teknologi ICT
b.    Direct Access, Layanan ini langsung dapat dinikmati oleh dunia pendidik
c.    Coverage Expansion, jangkauan kegiatan yang bersifat nasional
d.    Refferences, Web rujukan untuk didistribusikan pada murid
e.    ICT Touch, Mengenal ICT yang lebih mengena pada kebutuhannya sebagai pengajar
f.     Material, kumpulan bahan ajar, e book dan video tutorial
g.    Share point, Mendapatkan wadah sharing bahan pengajaran
h.    Training, Seminar yang melatih dan mengasah kemampuan guru
i.      Update, Guru dapat memperbahurui trend soal dan metodology penyelesaiannya

VI.             PEMBELAJARAN YANG DIPEROLEH

Kegiatan ini bersifat:
·         Terukur (measurable) atau dapat ditunjukkan (demonstrable) dengan indikator tertentu melalui quiz test terhadap para guru tersebut; yang dilakukan melalui pretest (sebelum pelatihan) dan post test (setelah pelatihan) dimana hasilnya sangat memuaskan.
·         Substansi materi secara akademik dapat dipertanggungjawabkan dan berkesesuaian dengan kurikulum dan trend soal saringan masuk perguruan tinggi negeri;
·         Pembagian materi bahan ajar pada saat pelatihan dalam bentuk buku dan referensi bahan ajar yang telah kami kumpulkan dalam portal www.telkomselsahabatguru.com



VII.           KEBERLANJUTAN

Program 2011 akan dilaksanakan dalam 3 hari yang terdiri dari 2 hari pelatihan ICT bagi guru dan 1 hari kegiatan belajar bersama para siswa dengan susunan acara sebagai berikut:
Bobot pelatihan ICT untuk guru adalah sebagai berikut:

1. 20% Update Pengetahuan soal terkini
2. 40% Perkenalan ICT & web guru
3. 30% Pelatihan materi
4. 10% pre and post test

Pelatihan guru dilakukan secara parallel untuk bidang Fisika dengan jumlah kepersertaan guru sebanyak 100 orang

Hari 1 (Guru)
Rabu, 21 September 2011
07.30-09.00 Registerasi
09.00-09.30 Opening  speech PGSI Aceh, Dinas Pendidikan, Pimpinan Telkomsel, Wakil Gubernur Aceh
09.30-10.00 Coffee Break
10.00-10.30 Pre Test Scanning Knowledge
10.30-12.30 Overview Modular dan ICT
12.30-13.30 Istirahat
13.30-16.30 Pendalaman Bahan Ajar

Hari 2 (Guru)
Kamis, 22 September 2011
09.00-11.00 Modul ICT pelajaran terkait dari Microsoft
11.00-12.30 Pendalaman Bahan Ajar
12.30-13.30 ISOMA
13.30-16.30 Sharing Bahan ajar digital

Hari 3 (Gathering Siswa)
Jumat, 23 September 2011
08.30-11.30     Sesi 1 Siswa SMU Bidang Fisika, belajar bersama dan latihan soal (400 siswa)
13.30-16.30     Sesi 2 Siswa SMU Bidang Fisika, belajar bersama dan latihan soal (400 siswa)