Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sunday, July 15, 2012

SEKULARISME


TA'RIF
Mulai diperhitungkan keberadaannya secara politis bersamaan dengan lahirnya revolusi Francis tahun 1789 M.Sekularisme adalah sebuah gerakan yang menyeru kepada kehidupan duniawi tanpa campur tangan agama. Ini berarti bahwa dalam aspek politik, pemerintahan juga harus berdasar sekularisme.

SEJARAH BERDIRI DAN TOKOH-TOKOHNYA.
Gerakan sekularisme tumbuh di Eropa, dan berkembang ke seluruh penjuru dunia seiring dengan pengaruh penjajahan, kristenisasi, dan komunisme. Banyak faktor yang mengakibatkan tersebarnya gerakan ini, baik sebelum dan sesudah meletusnya revolusi Prancis pada tahun 1799M. Sistem dan pemikirannya telah mengkristal, dengan berkembangnya beberapa peristiwa, yang secara kronologis sebagai berikut:
1.               Kaum agamawan telah berubah menjadi tiran, menjadi politikus-politikus profesional, dan menjadi diktator-diktator yang berkedok iklerius, kepasturan, komuni, dan penjualan bursa penebusan dosa (pengampunan dosa).
2.               Sikap gereja menentang science, mengungkung pola berfikir, membentuk pengadilan-pengadilan, penggeledahan, dan menuduh para ilmuwan (Scientist) sebagai pengacau. Nicolaus Copernicus: Pada tahun 1543 M Ia menulis buku "Bergeraknya Benda-Benda Langit". Tapi buku tersebutkemudian dilarang oleh gereja. Gardano: la menciptakan teleskop. Lalu disiksa dengankejam sekali, padahal saat itu ia sudah berumur 70 tahun.Wafat tahun 1642M. Rene Descartes: Menyeru kepada penerapan sistem logika dalam berfikir dan prilaku kehidupan. Francis Bacon: Muncul dengan sistem empiriknya, yang ingin diterapkan dalam segala segi.4. Baruch Spinoza: Penemu aliran kritik sejarah, nasibnya menentukan ia mati dibakar. John Locke: Menuntut agar wahyu tunduk kepada akal ketika terjadi kontradiksi.
3.               Lahirnya prinsip "Akal dan Alam": Orang-orang sekuler menyeru kepada kebebasan akal dan diletakkannya sifat-sifat Tuhan pada alam.
4.               Revolusi Francis: Akibat konflik yang terjadi antara gereja di satu pihak dengan gerakan-gerakan baru di lain pihak, maka lahirlah pemerintahan Francis pada tahun 1789 M. Ini merupakan pemerintahan sekuler pertama yang memerintah atas nama rakyat. Ada yang berpendapat, bahwa orang-orang Freemasonry (Massonary) telah mengeksploitasi kesalahan-kesalahan gereja dan pemerintahan Francis. Mereka membonceng pada gelombang revolusi untuk mencapai tujuan-tujuan yang mungkin bisa mereka raih.
5.               Masa Pencerahan (Aufklarung) yang membidani lahirnya revolusi: Jean Jacques Rousseau pada tahun 1778 M, menulis buku "Kontrak Sosial" yang dianggap sebagai Injilnya revolusi. Montesquieu menulis buku "Semangat undang-undang". Spinoza dikategorikan sebagai pelopor sekularisme dalam arti sebagai sistem hidup dan moral. Tokoh ini mempunyai sebuah risalah tentang "Ketuhanan dan Politik". Voltaire, penemu "Hukum Alam" itu menulis buku "Agama dan Batas Akal Saja" tahun 1804 M. William Godian pada tahun 1793 M, menulis buku "Keadilan Politik" yang isinya terang-terangan menyeru kepada sekularisme.
6.               Comte de Mirabeau dikatagorikan sebagai orator, pemimpin, dan filosof revolusi Francis.
7.               Sejumlah orang-orang proletar (kaum jelata) menyerbu Bastille dengan mengumandangkan slogan "Roti", kemudian slogan berubah menjadi "Kebebasan, Persamaan, dan Persaudaraan", yaitu slogannya orang-orang Freemasonry, dan slogan "Matt Kaum Reaksioner" yaitu sebuah slogan yang mengandung konotasi agama. Orang-orang Yahudi telah memasukkan slogan-slogan tersebut untuk menghilangkan garis pemisah antara, mereka dengan seperangkat peralatan negara, dan menghilangkan perbedaan agama. Dengan demikian, maka berubahlah revolusi itu, dari revolusi melawan kekejaman-kekejaman kaum agamawan menjadi revolusi terhadap agama itu sendiri.
8.               Teori Evolusi: Muncul sebuah buku "Asal Usul Manusia" tahun 1859 M, karangan Charles Darwin. Buku itu terfokus pada hukum natural selection (penyaringan alam) dan ketetapan-ketetapan yang lebih layak. Teori tersebut telah menetapkan, bahwa moyang manusia yang sebenarnya adalah suatu embrio yang sangat kecil, yang hidup di sebuah alam tertentu sejak berjuta-juta tahun yang silam. Kera adalah salah satu tahapan dari evolusi yang berakhir pada manusia. Teori ini telah mengakibatkan runtuhnya keyakinan-keyakinan agama dan tersebarnya atheisme. Orang-orang Yahudi telah mengeksploitasi teori tersebut secara kejam.
9.               Munculnya Friedrich Nietzsche: Filsafat Nietzsche yang beranggapan, bahwa Tuhan telah mati, sedangkan yang menduduki tempat tuhan adalah Superman.
10.           Emile Durkheim (Yahudi): Mempadukan antara sifat kebinatangan manusia dengan sifat materialistiknya dalam sebuah teori "Akal Terpadu".
11.           Sigmund Freud (Yahudi): Menjadikan dorongan sexual sebagai landasan untuk menafsirkan segala fenomena yang ada Manusia, menurut pandangannya, adalah seekor binatang yang sexsualistis.
12.           Karl Marx (Yahudi): Penemu tafsir materialisme berdasarkan filsafat sejarah yang percaya pada evolusi mutlak. la adalah seorang propagandis komunisme sekaligus pendiri pertamanya yang menganggap agama sebagai candu masyarakat.
13.           Jean Paul Sartre tentang "Existensialisme", dan Colin Wilson tentang "Non Afiliation": menyeru kepada existensialisme dan atheisme.
14.           Sekularisme di negara-negara Arab dan dunia Islam, bisa disebut sebagai contoh, antara lain:
  • Di Mesir: Khudaiwi Ismail memasukkan perundang-undangan Francis pada tahun 1883 M. Tokoh ini sudah tergila-gila terhadap Barat. Cita-citanya ingin menjadikan Mesir sebagai bagian dari Barat.
  • India: Sampai tahun 1791 M, hukum yang berlaku di negri ini masih sejalan dengan syariat Islam. Tetapi setelah didalangi oleh Inggris kemudian berangsur-angsur berubah, melepaskan syari'at Islam. Sehingga pada pertengahan abad-19, syari'at Islam telah habis sama sekali di negeri itu.
  • Al-Jazair: Negara ini menghapuskan hukum Islam setelah dijajah Francis pada tahun 1830 M.
  • Tunis: memasukkan perundang-undangan Francis pada tahun 1906 M.
  • Marokko: memasukkan perundang-undangan Francis tahun 1913 M.
  • Turki: Memakai baju sekularisme setelah melepaskan Khilafah Islamiyah, dan stabilitas kekuasaan dikendalikan dan didominasi Kemal Ataturk, walaupun sebelumnya telah terjadi guncangan-guncangan sebagai prolog sekularisasi.
  • Irak dan Syam: Hukum Islam dihapuskan setelah khilafah Islamiyah Usmaniyah tamat, dan tegaknya kekuasaan Inggris dan Francis dinegeri itu sampai berurat-berakar.
  • Sebagian besar negara-negara Afrika: Di benua ini terdapat pemerintahan Kristiani yang memiliki warisan otoritas setelah perginya penjajah.
  • Indonesia dan sebagian besar negara-negara Asia Tenggara juga berdiri atas dasar negara sekuler.
  • Tersebarnya partai-partai sekuler dan timbulnya nasionalisme seperti: Partai Baats, Partai Nasional Syria, Aliran Fir'aunisme, Aliran Thuranisme, Nasionalisme Arab dan lain-lain.
  • Para propagandis sekularisme di negara-negara Arab dan di dunia Islam, antara lain: Ahmad Lutfi Sayyid, Ismail Madzhar, Qasim Amin, Thaha Husein, Abdul Aziz Fahmi, Michael Aflak, Anthon Sya'adah, Soekarno, Jawaharal Nehru, Mustafa Kemal Ataturk, Jamal Abdul Nasser, Anwar Sadat dan lain-lain.

PEMIKIRAN DAN DOKTRIN-DOKTRINNYA
·         Sebagian orang sekuler ada yang sama sekali mengingkari adanya Allah. Sebagian ada yang percaya akan adanya Allah, tetapi mereka juga meyakini, bahwa tidak ada hubungan antara Allah dengan kehidupan manusia.
·         Kehidupan ini hanyalah berdasarkan pada ilmu pengetahuan: dan didukung oleh akal dan berbagai eksperimen. Ditegakkannya tembok pemisah yang kokoh antara dunia ruh dengan materi. Nilai-nilai spiritual menurut mereka adalah yang negatif.
·         Dipisahkannya agama dengan politik, dan ditegakkannya kehidupan berdasarkan materi belaka. Diterapkannya prinsip pragmatisme dalam segala urusan kehidupan.
·         Berpegang pada prinsip Machiavelli dalam filsafat hukum, politik dan moral.
·         Disebarkannya permisifisme, kekacauan akhlaq, dan dihancurkannya keutuhan keluarga yang merupakan cikal bakal pertama dalam sebuah bangunan masyarakat.

Adapun tersebarnya keyakinan-keyakinan sekularisme dalam masyarakat, baik di dunia Islam maupun negara-negara Arab, adalah berkat jasa kolonialisme dan kristenisasi. Keyakinan-keyakinan itu ialah:
·         Diputar balikkannya hakekat Islam, Qur'an dan Rasulullah.  Diyakininya, bahwa Islam telah menyederhanakan tujuan-tujuannya, yakni dianggapnya bahwa Islam hanyalah berupa upacara-upacara keagamaan dan ritual belaka. Dianggapnya, bahwa Islam tidak sesuai dengan peradaban, dan hanya menyebabkan kemunduran. Dikumandangkannya kebebasan wanita sesuai dengan kebiasaan wanita-wanita Barat.
·         Peradaban Islam diputarbalikkan. Gerakan-gerakan destruktif kelompok sempalan dalam sejarah Islam dibesar-besarkan dan dianggapnya bahwa itu adalah gerakan reformasi.
·         Dihidupkannya peradaban-peradaban kuno. Segala sistem dan manhaj sekuler dari Barat disadur dan ditransfer untuk dimasukkan ke dalam dunia Islam. Dididiknya generasi-generasi Islam dengan pendidikan sekuler. Apabila ada suatu alasan tentang keberadaan sekularisme di Barat, maka tak ada satu alasanpun bagi Timur untuk menolak sekularisme.

AKAR PEMIKIRAN DAN SIFAT IDEOLOGINYA
Mula-mula gerakan ini dirancang untuk memusuhi kekuasaan yang mutlak dari gereja. Tapi dalam perkembangannya gerakan ini juga memusuhi agama-agama apapun, baik yang mendukung ilmu Pengetahuan ataupun yang memusuhinya.
Yahudi mempunyai peranan yang besar dalam menegakkan sekularisme, karena mereka mendapat jalan untuk mewujudkan dominasinya, yaitu dengan menghilangkan garis pemisah yang bersifat agamis, yang selama ini menjadi penghalang antara Yahudi dengan semua bangsa lainnya di muka bumi ini.
A Guillaume berkata: "Tak ada satu masalahpun bertentangan dengan ilmu yang didalamnya ada agama, kecuali yang benar di pihak ilmu dan yang salah di pihak sekutu agama".
Disama-ratakannya teori "Permusuhan antara ilmu di satu sisi dan agama disisi yang lain", agar di dalamnya termasuk agama Islam, meskipun Islam tidak pernah berlawanan, baik dengan kehidupan maupun dengan ilmu (science) seperti halnya sifat gereja, bahkan islamlah yang lebih dahulu menerapkan sistem empirik dan menyebarkan science.
Diingkarinya akherat karenanya tak ada amal perbuatan untuk akherat. Mereka yakin bahwa kehidupan di dunia adalah satu-satunya kesempatan untuk bersuka-ria dan berfoya-foya.

TEMPAT TERSIAR DAN KAWASAN PENYEBARANNVA
Sekularisme pertama kali muncul di Eropa. Tapi mulai diperhitungkan keberadaannya secara politis bersamaan dengan lahirnya revolusi Francis tahun 1789 M. Berkembang merata ke seluruh Eropa pada abad ke-19 M. Kemudian tersebar lebih luas lagi ke berbagai negara di dunia, terutama dalam bidang politik dan pemerintahan, yang pada abad ke 20 M. dibawa oleh penjajah dan missionaris Kristen.

No comments:

Post a Comment