Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sunday, July 15, 2012

RUHANI BARU


TA'RIF
Berdiri di awal abad 20. Ruhani baru adalah sebuah sekte perusak dan gerakan tendensius yang didasarkan kepada magic. Gerakan ini mengaku mampu mendatangkan ruh orang-orang yang sudah mati dengan cara-cara ilmiah. Sasarannya menumbuhkan tasykik (keragu-raguan) terhadap agama dan keyakinan serta membawa aliran agama baru dengan segala atributnya. Gerakan ini pertama kali muncul di Amerika Serikat pada awal abad ke-20. Di belakangnya adalah orang-orangYahudi. Aliran ini kemudian tersebar di dunia Arab dan Islam.

SEJARAH BERDIRI DAN TOKOH-TOKOHNYA
Gerakan ini tidak dikenal pendirinya, baik di Eropa ataupun di Amerika sendiri. Tetapi seruannya telah aktif sejak awal abad ke 20 ini. Tokoh-tokoh terkenalnya antara lain: J. Arthur Fendlay, penulis buku Di Sekitar Dunia Ether.Adlin Frederick Bourez, penulis buku Fenomena Ruang Menghadirkan Ruh. Arthur Conan Doyle, penulis buku Di Sekitar Yang Misterius. David Wajid, seorang Yahudi terkenal. Mrs. Wood Smith.
Di negara-negara Amerika dan Eropa muncul pula lembaga-lembaga milik gerakan ini seperti Lembaga Internasional untuk Penelitian Ruh di Amerika dan Persekutuan Ruhani di Inggris.
Di dunia Islam terdapat tokoh-tokoh yang bersemangat mengibarkan panji-panji gerakan ini, antara lain:
1.      Prof. Ahmad Fahmi Abul Khair, sekjen Lembaga Penelitian Ruh Mesir. la menerbitkan sebuah majalah yang diberi nama Dunia Ruh. Majalah ini berbicara atas nama aliran. Aktifitasnya dimulai sejak tahun 1937 M dan telah menerjemahkan buku Fendlay dan Bowers.
2.      Prof. Wahid Dous, ketua Lembaga Penelitian Ruh yang meninggal pada tahun 1985.
3.      Dr. Abdul Jalil Radhi, ketua Perkumpulan Ruhani Ahram. Penulis buku Kesaksianku Terhadap Persekutuan Ruhani London.
4.      Hasan Abdul Wahab, sekretaris Lembaga Penelitian Ruh Mesir.
5.      Penyair Libanon Halim Damous yang pernah mendewa-dewakan seorang dajjal magic yang bemama Dahisy. la mengangkat Dahisy sebagai nabi. Risalah Yang Mengejutkan adalah salah satu artikelnya yang ditulis di dalam majalah Dunia Ruh.

PEMIKIRAN DAN DOKTRIN-DOKTRINNYA
·         Mereka mengatakan dapat menghadirkan ruh, meminta do'a kepada orang-orang yang sudah meninggal untuk meminta pendapat mereka dalam persoalan ghaib dengan segala problematikanya. Selain itu mereka juga meminta tolong kepada ruh-ruh orang yang sudah meninggal itu untuk mengobati berbagai penyakit jasmani dan ruhani. Juga menunjuki orang-orang yang berbuat dosa serta menyingkap tentang kegaiban dan meramal masa depan.
·         Ruh, menurut mereka, dapat ditangkap dan menjelma serta dapat diraba. Mereka juga mengakui bahwa ruh-ruh tertentu menyangka pemiliknya selalu hidup. Menurut mereka ruh selalu siap melayani dan memenuhi segala perintah yang diisyaratkan kepadanya.
·         Mereka berkeyakinan bahwa ruh yang diminta hadir sebagai utusan dari Tuhan kepada manusia sebagaimana Tuhan mengutus para rasul. Sedangkan ajaran mereka lebih tinggi kedudukannya daripada ajaran para rasul. Mereka beranggapan bahwa ruh-ruh dapat membantu membongkar kejahatan dan menemukan tanda-tanda peninggalan kuno. Mereka juga mengaku dapat mengobati penyakit jiwa melalui ruh-ruh itu. Mereka mengaku dapat mengumpulkan gambar ruh-ruh di dalam sinar infra merah. Untuk mengelabui orang mereka menggunakan selubung ilmiah dalam aktifitasnya. Padahal kenyataannya yang dilakukan semata-mata magic trik serta daya tarik magnetis yang dapat mempengaruhi penonton. mereka mengunakan kontak dengan jin.
·         Di dalam prakteknya mereka tidak meminta syarat-syarat yang jelas, tidak dapat diulangi di depan setiap orang. Ini jelas bertentangan percobaan-percobaan ilmiah.
·         Mereka biasa menghadirkan ruh di kamar-kamar khusus yang I remang-remang dalam cahaya kemerah-merahan. Segala pengakuan mereka seperti penjelmaan ruh dan dialog dengannya, tidak dapat dilihat oleh penonton. Tetapi dipindahkan kepada mereka melalui seorang perantara. Dan ia adalah orang paling penting dalam praktek penghadiran ruh.
·         Menurut mereka perantara dapat melihat segala sesuatu yang tidak tampak, mendengar sesuatu yang tidak terdengar, mampu menulis langsung (tanpa ditulis dengan tangan) dan menggunakan telepati.
·         Mereka menetapkan kepada para nabi dan rasul hanya sebagai perantara. Orang yang menghadirkan ruh ditentukan oleh mereka, baik jumlah atau jenisnya. Jika di antara yang hadir itu terdapat wanita, maka duduknya diatur di depan pria kemudian wanita dan seterusnya. Selain itu mereka juga sering mengalunkan musik untuk memalingkan perhatian penonton dari apa yang sebenarnya sedang berlangsung. Mereka meyakini setiap acara selalu ada satu ruh yang menjaga dan memelihara upacara itu.
·         Mu'jizat para nabi, menurut keyakinan mereka, hanyalah sebuah gejala keruhanian, seperti apa yang terjadi di kamar tempat menghadirkan ruh. Mereka mengatakan mampu menghadirkan kembali mu'jizat para nabi. Untuk menyebarkan ide-idenya mereka menyampaikannya kepada setiap orang sesuai dengan keadaan orang yang menjadi sasaran. Karena itu mereka sering menggunakan nash- S nash kitab samawi setelah orang tersebut terbius patuh.
·         Mereka menolak wahyu dan menganggap di dalam agama tidak  ada sesuatu yang sah untuk diikuti. Karena itu mereka mengejek orang-orang yang patuh beragama. Mereka mengatakan, tuhan mereka lebih nyata daripada Tuhanj para rasul. Tuhan mereka lebih sedikit sifat-sifat kemanusiaannya < lebih banyak sifat-sifat ketuhanannya.
·         Selogannya, kemanusiaan, persaudaraan, kebebasan da persamaan. Tetapi selogan-selogan tersebut hanya untuk mengelabuhi orang.
·         Segala aktifitasnya ditumpukan untuk mengguncang keyakinan beragama dan sendi-sendi moral. Mereka mengatakan terang-tefi bahwa ruhiyah adalah agama baru yang menyeru internasionalis melempar semua agama. Ritual keagamaan dan kewajiban-kewajit Ruhani Baru terbatas untuk melatih orang supaya berkonsent kepada kekuatan ruhiyah. Dan ia datang dengan cara baru ba kehidupan dan pemikiran baru tentang Tuhan.
·         Ruh-ruh itu, menurut mereka, berbicara langsung dengan mereka, hidup tenang dan bahagia meskipun orangnya kafir. Dengan demikian jnenafikan keyakinan hari kebangkitan dan pembalasan. Kata mereka pintu taubat selalu terbuka sampai melewati kematian. Sorga dan neraka adalah kondisi mentaliti yang dijelmakan oleh pemikiran dan dibuat oleh khayalan.
·         Mereka memiliki teks-teks yang menjunjung tinggi orang-orang korminis, penganut berhala, kaum Fir'aun dan orang Indian. Menurut keyakinan Ruhani Baru, mereka orang-orang yang kuat ruhnya.
·         Para kriminal dibebaskan dari dosa dengan alasan, mereka terpaksa nielakukan. Karena itu mereka tidak dapat disiksa.
·         Mereka berusaha menjamin dominasi Yahudi terhadap dunia, agar negara mereka tegak di atas reruntuhan puing-puing kerusakan secara menyeluruh.
·         Majalah Scientific American mengumumkan hadiah uang dalam jumlah besar bagi orang yang mampu memberikan alasan yang benar, yang dapat membuktikan tentang kebenaran gejala-gejala keruhanian. Tetapi sampai sekarang masih ditunggu pemenangnya. Demikian pula hadiah yang ditawarkan oleh seorang ahli hipnotis Amerika Danger untuk tujuan yang sama. Ini adalah bukti-bukti besar atas ketidakbenaran ajaran-ajaran tersebut.

AKAR PEMIKIRAN DAN DOKTRIN-DOKTRINNYA
Terbukti, ajaran ini mempunyai hubungan pribadi dan ideologis dengan Free Massonry dan Saksi Yehova. Rotary Club sangat mendukung fenomena ini dan memberikan bantuan dan melindungi sepakterjangnya. Dalam banyak hal, keyakinannya sangat dipengaruhi oleh Yahudi.


No comments:

Post a Comment