Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Wednesday, June 8, 2011

PEMA Unsyiah Latih Mahasiswa untuk Menjadi Pemimpin

Sudah seharusnya mahasiswa yang merupaka iron stok dibekali dengan jiwa leadership. Kita ketahui bahwa estafet kepemimpinan itu akan diberikan kepada pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa. Generasi yang handal dan professional itulah harapan kita semuanya. Seperti kata bijak yang sudah tidak asing lagi kita dengar “hari ini harus lebih baik daripada kemaren, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini”. Pemimpin yang tidak mempunyai konsep dan manajemen kepemimpinan akan berefek kepada kemunduran suatu bangsa. Mengingat urgensi kepemimpinan itu maka oleh karena itu Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) yang merupakan satuan kerja Pemerintah Mahasiswa (PEMA) Unsyiah mengadakan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD) ungkap Arida Sahputra yang meupakan mentri PSDM PEMA Unsyiah.

LKMM merupakan program tahunan PEMA Unsyiah yang dilaksanakan setahun 2 kali. LKMM ini mempunyai jenjang yang disesuaikan dengan kapasistas peserta, diukur dengan jenjang LKMM yang pernah diikuti dan dibuktikan dengan sertifikat setiap jenjangnya. Jenjang pertama, Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD), dibuat di level daerah. Jenjang kedua, Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Madya (LKMMTM) dibuat di level wilayah, seperti se-Sumatera, Jawa, dan lainnya. Berikutnya, jenjang akhir, Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Akhir (LKMMTA) dibuat di level nasional.

PEMA unsyiah mengadakan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD) yang berlangsung selama 2 hari 1 malam. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5-6 Desember 2009 di gedung Pusat Studi Bimbingan Belajar (PSBB) tepatnya di simpang Jambo Tape Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh.
Adapun materi yang dibeikan pada pelatihan ini adalah materi dasar kepemimpinan, yaitu Konsep Kepemimpinan dan Manajemen, Etika Diskusi Ilmiah, Komunikasi Efektif, Bedah Karakter, Mengambil Keputusan, dan Manajemen Tim. Kegiatan selama 2 hari 1 malam ini diisi oleh orang-orang yang bekopenten dibidangnya seperti dr.Hendra Kurniawan, Rudy Bastian, Fajran Zain, Ramadhanus, S.Kes, Jeliteng Pribadi, SE, MM, MA, dan Irwansyah, ST. Pelatihan ini dibuka oleh Pembantu Rektor III bidang kemahasiswaan Dr. Rusli Yusuf, M.Pd sekaligus memberikan stadium general dengan tema “Aceh masa depan, peran pemuda dalam menghadapi tantangan global”.

Pelatihan ini diikuti oleh 60 mahasiswa yang tergabung dari mahasiswa se-Banda Aceh dan Aceh Besar. Kegiatan ini dibimbing oleh seorang Master of Training (MOT) yang professional yaitu Faisal, beliau adalah sekretaris jendral presiden mahasiswa unsyiah, MOT membimbing kegiatan ini dengan mengisi beberapa materi dan simulasi, diantaranya Brain Stroming, Diskusi Aktif, Brain Game, dan Renungan Pemimpin.


Sumber: Warta Unsyiah, http://www.pema.unsyiah.ac.id/departemen-psdm-pengembangan-sumber-daya-mahasiswa/156-pema-unsyiah-latih-mahasiswa-untuk-menjadi-pemimpin.html

No comments:

Post a Comment