Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Wednesday, June 8, 2011

116 Rumah Darurat Untuk Korban Gempa Padang


Berkat usaha keras dan dukungan dari berberbagai pihak, Alhamdulillah PEMA Unsyiah telah berhasil menyalurkan bantuan yang digalang dalam berbagai bentuk, antara lain: penggalangan dana, yang dilaksanakan selama 10 hari, mulai tanggal 28 September s.d. 7 Oktober 2009. Penggalangan ini mengambil tempat di jalan, rumah, dan toko-toko

Arida Sahputra selaku Ketua Panitia pelaksana mengatakan rangkaian penggalangan ditutup pada tanggal 10 Oktober 2009 dengan konser amal spektakuler. Konser yang menghadirkan Rafli, Din Saja, Muda Belia, dan Yudi Amirul ini bertema “Gaseh sayang keu ureueng minang”.

Dari konser ini terhimpun 22 juta rupiah. “Tepat tanggal 17 Oktober 2009, tim pembawa sumbangan PEMA Unsyiah bergerak menuju Sumatra Barat. Setelah menempuh perjalanan selama dua hari, tibalah di desa Balah Ai, Padang Pariaman. Untuk dapat memberi manfaat besar sesuai kebutuhan saat itu, maka bantuan di fokuskan pada pembanguna rumah darurat. Satu unit rumah darurat ukuran 3 m x 3 m membutuhkan Rp. 400.000,- ,” katanya. Dari total jumlah uang yang disumbangkan oleh masyarakat Aceh melalui PEMA Unsyiah sambung Arida, dapat membangun 116 (seratus enam belas) rumah darurat. Setiap kepala keluarga akan mendapatkan satu unit rumah.

Sementara itu Presiden Mahasiswa Unsyiah Mujiburrahman, mengatakan untuk menjamin penyaluran, bantuan dana yang akan dikonvensikan dalam bentuk bahan baku rumah darurat. Bantuan ini disalurkan melalui sebuah organisasi kusus yang ada di daerah bencana. Organisasi bentukan pasca gempa ini kusus menangani pembangunan rumah darurat yang ditargetkan bertahan selama satu tahun. Diprediksikan setelah satu tahun, pemerintah akan mempersiapkan rumah atau barak permanen yang dapat lebih nyaman dihuni masyarakat dan bertahan lebih lama.

Selain uang tunai tambah Mujiburrahman, barang setengah pakai seperti pakaian yang disumbangkan oleh masyarakat juga akan segera diserahkan kepada yang membutuhkan dan tepat sasaran di daerah bencana. “Terimakasih kepada semua pihak yang mendukung sehinga serangkaian acara penggalanan dana untuk korban gempa Sumatra Barat sukses; kepada Pak Raflly, Harian Aceh, Rektor Unsyiah, Bank BPD Aceh, dan Masyarakat Aceh umumnya,” katanya. (dws).


Sumber: www.unsyiah.ac.id, Harian Aceh, Rakyat Aceh dan Serambi Indonesia

No comments:

Post a Comment